Pesan Bupati Lahat Masalah Himbe Kemulau

0

LAHAT, IN.id – Masalah pertanahan masyarakat dengan pihak perusahaan pertambangan di kabupaten Lahat menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah. Bupati Lahat Cik Ujang SH langsung hadir dalam Rapat tindaklanjut penyelesaian masalah Himbe Kemulau antara PT Bara Alam Utama dan 3 yang berseteru.

Masing-masing Desa Desa Ulak Pandan, Negeri Agung dan Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat. Rapat tersebut di gelar ruang pertemuan Pemkab Lahat, Kamis (5/9).

Hadir juga Assisten I Ramsi SIP MM, Kadis DLH, Camat Merapi Barat, Pihak Perusahaan PT Bara Alam Utama (BAU), Kepala Desa beserta masyarakat setempat.

Bupati Lahat menyampaikan, persoalan Himbe Kemulau sebenarnya dari dahulu telah ada, diantaranya tertuang dalam bentuk beberapa kesepakatan antara PT Bara Alam Utama (BAU) dengan Pemdesa tersebut.

“Rangkaian Kesepakatan antara lain pertama pada Rapat hari Minggu tanggal 16 Maret 2015, kedua Kesepakatan bersama Desa Lebak Budi pada hari Jum’at tanggal 29 Desember 2019,” ungkap Bupati.

Namun lanjut Bupati, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala dan/atau ada kesepakatan yang tidak terealisasi, sudah beberapa kali diadakan pertemuan namun belum membuahkan hasil.

Pada kesempatan ini Bupati meminta dan memerintahkan kepada semua pihak, PT Bara Alam Utama dan Pemerintah Tiga Desa agar dapat membuat kesepakatan- kesepakatan yang nantinya dapat terlaksanakan secara tuntas.

“Apabila terdapat kesepakatan yang dalam pelaksanaannya dirasakan akan tertunda atau terdapat halangan, maka sebaiknya kedua belah pihak bermusyawarah kembali, sehingga tidak terjadi miskomunikasi (miss communication),” lanjut Bupati.

Dia berharap kepada Pemerintah Desa, Camat Merapi Barat, dan Dinas/Instansi terkait agar memfasilitasi dengan baik, sehingga kebutuhan warga dan pihak perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Perlu saya ingatkan dalam rapat dan diskusi-diskusi selanjutnya, agar dilakukan dengan musyawarah dan mufakat, tidak dengan unjuk rasa atau anarkis, dan kaminberharap kedepan Kabupaten Lahat semakin Unggul, Makmur dan Bercahaya,” kata Cik Ujang.(Ndi/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here