Petugas Keamanan Unesa Rutin Konsumsi Sirup Yacon untuk Tingkatkan Imun

0
Foto : Penyuluhan Sirup Yacon pada petugas keamanan kampus Unesa

SURABAYA, IN.ID – Sejak 11 Maret 2020 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi pandemi internasional dan hingga kini masyarakat diimbau untuk terus menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan.

Berbagai negara tengah berpacu untuk mengembangkan obat yang efektif untuk Covid-19, dan tengah berusaha untuk menemukan vaksin yang bisa menangani virus corona.

Kondisi ini memicu Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unesa yang diketuai oleh Leny Yuanita membuat sirup buah Yacon yang dikemas dalam botol kecil dan dikonsumsi rutin setiap hari.

Pembuatan sirup yang berasal dari umbi yacon yang berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat. Imun tubuh yang kuat menjadi salah satu senjata utama dalam membentengi virus corona.

Oleh karenanya menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara efektif agar tubuh tetap sehat terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Bu Leny, sapaan akrabnya, yang sudah lebih dari 5 tahun fokus dengan tanaman Yacon menyatakan bahwa umbi yacon memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya untuk meningkatkan imun tubuh. Umbi yacon tersebut diproses menjadi Sirup Prebiotik Yacon yang meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi Covid-19.

“Virus corona tidak akan menyerang seseorang yang imunnya kuat,” tutur perempuan yang ahli di bidang biokimia, kesehatan, dan kimia pangan tersebut. Kamis, (03/9/2020).

Sasaran PKM Kali ini yaitu Petugas Satuan Keamanan Kampus Unesa karena tugas menjaga keamanan dengan jadwal berkerja pada pagi, siang, sore maupun malam hari.

Dengan waktu kerja tersebut maka mereka membutuhkan perhatian lebih untuk kesehatan yang prima, terutama pada masa pandemi Covid-19.

Prof Leny, sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa dalam proses pembuatan sirup Yacon juga tidak lepas dari peran petani, karena bahan baku tersebut didapat dari petani yang berasal dari Wonosobo dan Senduro Lumajang. Dengan adanya PKM ini juga juga bermanfaat bagi petani karena hasil panen mereka dapat terserap dengan baik.

Salah seorang peserta Satpam yang mengonsumsi Sirup Yacon menyampaikan bahwa, dengan mengonsumsi sirup yacon badan terasa lebih segar dan rasanya juga enak.

“Mereka (petugas keamanan -red) berharap agar program yang seperti ini dapat berlanjut, khususnya di masa seperti ini agar imun mereka semakin kuat dan tubuh semakin segar sehingga menjalankan tugas lebih optimal,” tutup Prof Leny Yuanita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here