Disparbudpora Sumenep Kirim ‘Pengantin Pesisir’ Akan Tampil di TMII

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID – Duta Seni Budaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep mengirimkan pagelaran tari tradisional dan upacara adat dengan tema ‘Pengantin Pesisir’.

Duta seni pagelaran tarian tradisional ‘Pengantin Pesisir’ itu ditampilkan di hadapan sejumlah pejabat pusat, provinsi Jawa Timur serta pemerhati seni budaya dan beberapa perwakilan negara sahabat pada Sabtu (25/09/21).

Bacaan Lainnya

Dan besok harinya, Minggu (26/09/21) sekitar pukul 10.30 Wib, para duta seni budaya Sumenep akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Menurut Robi Firmansyah, Kabid Kebudayaan Disparbudpora Sumenep mengatakan bahwa untuk duta seni budaya Sumenep yang akan ditampilkan besok di Anjugangan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia (TMII) yaitu dengan tema “Pengantin Pasisir”. Ada juga kolaborasi tradisional berupa Saronen, tari Tradisional dan Macopat, Pengrawit, Sinto.

“Pagelaran tersebut merupakan kebanggaan kita semua, khususnya masyarakat Sumenep, seni budaya tradisional kita bisa tampil di TMII Jakarta. Dan tercatat seni budaya tradisional Sumenep tampil berturut-turut selama 3 tahun terakhir di Taman Mini Indonesia,” ungkap Robi.

Jadi, tidak semua kabupaten kota bisa partisipasi di Anjugangan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Disamping merupakan kebanggaan Kabupaten Sumenep juga sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan seni budaya tradisional yang ada di Sumenep sehingga dikenal di tingkat Nasional,’ tambahnya.

Sementara Disparbudpora Sumenep membawa sebanyak 60 seniman yang akan ditampilkan besok, diantaranya pengrawit, Sinto, Macopat, dan tarian-tarian tradisional yang lain.

“Harapan kami agenda pagelaran semacam ini harus tetap diadakan setiap tahun. Sehingga kami bisa memperkenalkan seni tradisional yang ada di Kabupaten Sumenep dan sebelumnya Kabupaten Sumenep sempat menampilkan ‘Topeng Dalang’ di TMII,” harapnya.

Sehingga untuk pagelaran seni budaya tradiaonal yang akan datang, Sumenep bisa menampilkan seni yang lain lagi, misalnya Ludruk dan lainnya yang menjadi ciri khas Sumenep di TMII Jakarta. (Mwd/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.