2100 Wartawan Media Online Indonesia (MOI) Rame-Rame Ikut Uji Kompetensi

JAKARTA, INDEPENDENTNEWS.ID – Dalam rangka mentaati undang-undang dan regulasi Dewan Pers, sedikitnya 2100 wartawan yang bekerja di berbagai media yang tergabung di Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) akan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

“Bahkan di Rakernas nanti, kami akan menjalin sinergisitas dengan PWI Pusat,” ungkap Bendahara Umum MOI, Hj Chandra Manggih Rahayu di sela kesibukannya menyongsong Rakernas yang akan digelar Kamis (21/11/19).

Menurut dia, sinergisitas itu akan dituangkan dalam MoU antara DPP MOI dengan Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari Sembiring sebagai tindak lanjut terlaksana UKW Angkatan 42 PWI Jaya dengan MOI. Saat itu ada 24 duta-duta MOI mengikuti UKW yang dilakukan oleh PWI Jaya.

“UKW itu yang membuka Pak Atal,” jelas single parent kelahiran Yogyakarta ini.

Menurut dia, dalam Rakernas kali ini, sinergisitas itu diperluas dengan melibatkan seluruh PWI di masing-masing tingkat provinsi.

“Artinya, anggota MOI di daerah tidak harus ke Jakarta, tapi juga bisa melakukan UKW di daerah masing-masing dengan PWI setempat. Biar ongkosnya lebih murah,” tutur Chandra tersenyum sumringah.

Terkait dengan PWI, dinilai Chandra lantaran organisasi wartawan ini lebih senior, lebih berpengalaman dalam menekuni seluk beluk kewartawanan di negeri ini.

“Sebagai yunior, kami harus belajar dan berguru kepada senior kami, PWI. Itu realita,” ungkap Chandra menyebut tokoh-tokoh pers membidani lahirnya organisasi profesi wartawan.

Menurut Chandra, UKW ini menjadi target utama DPP MOI dalam mengembangkan profesionalisme anggota MOI di seluruh Indonesia. “Nah untuk profesional, kan harus ikut UKW. Dan kita mempercayakan kepada PWI untuk meningkatkan profesionalisme anggota kami,” tutur perempuan berkulit putih ini.

Perempuan berhijab ini memperkirakan sekitar 2100 anggota MOI akan mengikuti UKW. Asumsinya sekitar 300 media yang tergabung di MOI, minimal satu media memperkerjakan 7 wartawan. “Jadi akan ikut UKW 2100 wartawan”, ujar Chandra tersenyum manis,

Wanita yang di kalangan MOI akrab dengan sapaan Bendum CPM (Cantik, Pintar, Mengayomi) untuk melaksanakan kerja besar tersebut, maka dalam Rakernas yang akan dihadiri Wapres KH Maruf Amin dan Menko Polhukam Machfud MD, maka salah satu agendanya melakukan MoU antara DPP MOI dan PWI Pusat tentang penyelenggaraan UKW.

Chandra menuturkan UKW gelombang pertama bekerjasama dengan PWI Jaya telah dilaksanakan pekan lalu. ” Dengan MoU nantinya UKW dilaksanakan di daerah-daerah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ketum PWI Atal Depari juga kepada Ketua PWI Jaya yang secara terbuka menyambut kehadiran MOI”, pungkas owner Wartamakkah dengan mimik sumringah (Opick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here