Antisipasi Karhutlah, Perhutani Bondowoso Gandeng Polri dan TNI

  • Whatsapp

BONDOWOSO, IN.ID|Maraknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi pada musim kemarau panjang tahun 2023 semakin menambah mawas diri para rimbawan Perum Perhutani KPH Bondowoso terutama yang bertugas di lapangan sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan karhutla dan gangguan kemanan hutan (Gukamhut) yang membutuhkan sinergitas dengan semua pihak.

Wujud sinergitas dalam upaya antisipasi karhutla dan gukamhut antara petugas Perhutani dengan jajaran TNI – Polri kembali ditunjukkan oleh Suparman Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Wringin BKPH Besuki bersama Pembantu Letnan Satu (Peltu) Agus Switantoro Komandan Sub Ramil Pakem dan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Surata SH Kepala Kepolisian Sektor (Kapoksek) Pakem beserta jajaran melaksanakan patroli gabungan dengan sasaran lokasi rawan akan terjadinya gukamhut.

Bacaan Lainnya

Wilayah RPH Wringin yang sebagian besar berupa tanaman jati dimana pada musim kemarau banyak terdapat tumpukan guguran daun jati kering yang sangat berpotensi akan terjadinya karhutla serta dan mengingat keterbatasan personal yang ada, maka kami harus berupaya semaksimal mungkin dalam upaya pencegahan gukamhut dengan menggandeng Koramil dan Polsek, demikian ungkap Suparman yang baru menjabat sebagai KRPH Wringin pada awak media, Sabtu 23/09/23.

Senada disampaikan AKP Surata SH dan Peltu Agus Switantoro kepada media mereka mengatakan bahwa jajaran Polsek dan Koramil Pakem selama ini sudah menjalin koordinasi dan komonikasi baik dengan Petugas Perhutani RPH Wringin.

Jadi kami siap memberikan dukungan dan bantuan penuh dalam rangka mencegah sekaligus memberantas tindak pidana pengrusakan hutan,” tuturnya.

Mewakil Administratut Perum Perhutani, saat dihubungi terpisah melalui selularnya Soekirno Kepala Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH) Bondowoso Utara, mengucapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada jajaran Polsek dan Koramil Pakem atas bantuan dan dukungan yang diberikan pada petugasnya di lapangan.

Saya berharap penuh jalinan koordinasi dan komunikasi dapat berjalan baik dan berkesinambungan sehingga tercipta kondusifitas keamanan hutan yang lebih baik,(Yan’s)

Sumber: Komper Perhutani KPH Bondowoso

Pos terkait

Tinggalkan Balasan