BKSDA Sampit Terima Bayi Orangutan dari Polsek Parenggean

  • Whatsapp

KOTIM, IN.ID | Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit melakukan serah terima bayi orangutan di Polsek Parenggean Polres Kotim, Senin (23/05/2022).

“Kami menerima satu individu bayi orangutan jantan dengan usia kurang dari satu tahun dari anggota Polsek Parenggean”, kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah.

Bacaan Lainnya

Bayi orangutan ini diserahkan langsung oleh Bripka Suyetno (Kanit SPKT II) dengan disaksikan anggota Polsek Parenggean serta warga masyarakat.

“Kondisi bayi orangutan kurus, lemas dan terlihat tidak sehat, saat ini kami amankan di BKSDA Pos Sampit sambil menunggu arahan selanjutnya dari pimpinan, rencananya besok akan dijemput rekan-rekan dari Pangkalan Bun”, jelas Muriansyah.

Sebelumnya, Minggu (22/05) sekitar pukul 18.10 Wib, petugas BKSDA Pos Sampit mendapat informasi dari warga bernama Beri, yang memberitahukan bahwa ia telah mengamankan satu individu bayi orangutan. Posisinya berada di Parenggean dan bayi orangutan tersebut ingin diserahkannya kepada petugas BKSDA malam itu juga.

Dari keterangan Beri di Desa Tumbang Koling, Kecamatan Mentaya Hulu Kotim, Sabtu (21/05) ia melihat ada seorang warga membawa bayi orangutan tersebut di dalam sebuah kardus.

Karena kasihan dan tahu kalau orangutan termasuk satwa yang dilindungi oleh UU, ia kemudian berinisiatif mengambil bayi orangutan tersebut dan membawanya ke Parenggean.

“Karena tidak bisa menyerahkan secara langsung ke petugas BKSDA, petugas lalu memberikan pengarahan dan meminta ia menyerahkan bayi orangutan itu ke Polsek Parenggean, setelah terlebih dahulu petugas BKSDA menghubungi pihak Polsek Parenggean”, terang Muriansyah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Polsek Parenggean, atas kerjasama dan bantuannya, sehingga giat serah terima bayi orangutan ini berjalan dengan baik”, tandas Muriansyah. (Tomi/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.