Bupati Sumenep Dampingi Presiden Borong Batik Tulis Canteng Koneng

  • Whatsapp
Foto : Bupati Sumenep saat mendampingi Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto memborong produk Batik Tulis Canteng Koning khas Sumenep

SUMENEP, IN.ID | Bupati Sumenep mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto borong produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Tulis Canteng Koneng saat kunker ke Kabupaten Sumenep, Rabu (20/04/2022).

Dalam agenda kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi akan meresmikan bandar udara (Bandara) Trunojoyo Sumenep. Saat jalan-jalan meninjau pusat UMKM usai meresmikan Bandara Trunojoyo Sumenep, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Eric Thohir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah dan Bupati Sumenep Lora Achmad Fauzi.

Bacaan Lainnya

Pada saat di Stand Batik Tulis Canteng Koneng, Presiden Jokowi bersama rombongan berhenti cukup lama. Mereka melihat produk-produk Batik Tulis Khas Sumenep yang dipajang di stand tersebut, hingga Presiden memerintahkan para menteri untuk memborong Produk UMKM Batik Tulis Khas Sumenep ini.

“Pak Menham tolong dibeli semua batik ini, karena ini produk asli yang sangat memiliki karakter dan berbeda dengan motif batik yang lain,” ucapnya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama robongan tertarik dengan produk Batik Khas Sumenep hingga memborong beberapa potong Batik Tulis Canteng Koneng.

Karena, selain mempunyai motif dan corak warna yang khas, Batik Tulis Canteng Koneng juga memiliki karakter tegas dan berwibawa, dilihat dari warnanya yang berani.

Kepala Negara berharap, kepada seluruh pengrajin batik untuk tetap mempertahankan dan melestarikan warisan budaya, seperti Batik Tulis Canteng Koneng Batik Khas Sumenep ini.

Sementara, Bupati Sumenep Lora Achmad Fauzi menyampaikan, jika para pembatik di Kabupaten Sumenep mengalami kemajuan yang sangat luar biasa dengan dimotori oleh Batik Tulis Canteng Koneng.

“Pak Presiden ini karya batik tulis Canteng Koneng, ini adalah batik khas Sumenep yang punyak karakter tersendiri, dan batik tulis ini murni karya pemuda kreatif asli Sumenep dikerjakan oleh pemuda kreatif yang dimotori oleh Padepokan Batik Tulis Canteng Koneng,” jelas Bupati.

Politisi PDI-P menuturkan, jika selama ini para pengrajin Batik Tulis Khas Sumenep akan selalu diberdayakan serta disejahterakan demi menjaga kelestarian budaya Bangsa kita.

“Untuk menjaga kelestarian Budaya Bangsa, kami akan terus meningkatkan kesejahteraan para pengrajin, dan kami terus mencetak para pengrajin batik tulis yang muda di Kabupaten Sumenep ini,” pungkasnya. (I_Chonx/Ainul/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.