Cerita Unik Musholla Santri Kalong di Ponpes Al Fajar

  • Whatsapp

KOTIM, IN.ID | Musholla Santri Kalong yang terdapat di Pondok Pesantren Al Fajar di Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memiliki cerita unik dibalik pembangunannya.

Pemberian nama Musholla Santri Kalong tersebut berdasarkan pada kegiatan para santri atau jamaahnya, yang sebagian besar bekerja seperti masyarakat pada umumnya di siang hari, barulah pada malam hari belajar layaknya seorang santri.

Bacaan Lainnya

Pada bangunan Musholla tiangnya menggunakan batang pohon kayu ulin dengan bentuk aslinya, lalu diberi warna dengan cat, hal ini membuatnya unik dan kelihatan berbeda dari tempat ibadah lainnya.

Di sisi dinding Musholla banyak terdapat kalimat petuah dengan kata-kata bijak yang bermanfaat serta doa yang dituliskan pada belahan batang kayu yang besar.

“Musholla ini dibangun dari sisa limbah kayu ulin yang ditebang pada tahun 1942 silam menurut kepala desa pertama Parenggean, Musholla ini diresmikan bersamaan dengan asrama santri putri Pondok Pesantren Al Fajar tahun 2016 oleh Bupati Kotim saat itu”, kata K.H Abdul Mun’im Asyhuri, S.Ikom Pengasuh Pondok Pesantren Al Fajar Parenggean kepada awak media, Jum’at (22/04/2022).

Musholla ini digunakan oleh para santri untuk berbagai kegiatan seperti sholat berjamaah dan pengajian rutin. (Tomi/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.