DPD BAS Aceh Berkunjung ke Gampong Pande

  • Whatsapp

BANDA ACEH, IN.ID – Dewan Pimpinan Daerah Brigade Anak Serdadu (BAS) Aceh berkunjung ke Gampong Pande Kota Banda Aceh untuk memperingati wafatnya ulama pendiri kerajaan Aceh di Makam Tuanku di Kandang dan makam Putro Ijo, yaitu puteri Sultan Aceh Darussalam, Minggu (10/10/2021).

Drs. Isa Alima selaku Ketua DPD BAS Aceh mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali sejarah di Kota Banda Aceh.

Bacaan Lainnya

“Kita ini datang bertujuan untuk mengingatkan kembali sejarah yang ada di Kota Banda Aceh. Tentunya sekaligus mempelajari sejarah masa lampau”, ujarnya.

Dia mengatakan, bahwa dalam sejarahnya Tuan Di Kandang adalah ulama pertama yang menyebarkan dan mendalamkan Islam di Kutaraja alias Kota Banda Aceh.

“Kegiatan ini murni sebagai pembelajaran internal dan berdoa. Kita harap, generasi muda hari ini bisa untuk mempertahankan sejarah yang ada”, jelasnya lagi.

Nama besar Tuan Dikandang saat ini sudah diabadikan namanya di sebuah masjid yang terletak di Gampong tersebut. Masjid tersebut dibangun hanya berkisar 300 meter dari makamnya.

Setelah menyempatkan diri berkunjung ke makam Tuan Di Kandang, DPD BAS Aceh juga berkunjung ke makam Putroe Ijo untuk melakukan hal serupa dan khususnya adalah memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk para pendahulu Aceh. (RJ/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.