DPRD Sumenep Minta Pemkab Segera Bantu Petani

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep meminta Pemkab untuk segera membantu para petani padi jelang musim penghujan atau musim tanam. Termasuk penyerapan gabah agar bisa lebih maksimal dari tahun-tahun sebelumnya.

Permintaan ini disampaikan Ach. Naufil MS, anggota Komisi II DPRD Sumenep. Menurut Naufil, sapaan akrabnya. Pemkab Sumenep perlu mencari solusi, mumpung masih awal musim penghujan, sehingga nantinya tidak lagi terburu-buru mencari cara untuk membantu petani

Bacaan Lainnya

Menurut Naufil, karena petani memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan. Maka dari itu pemkab sangat perlu memperhatikan nasib mereka. Paling tidak memberikan jalan keluar pada saat petani menghadapi masalah.

“Karena yang sering terjadi, pada saat memasuki musim panen biadanya harga beras cenderung tidak stabil. Maka kalau itu terjadi, saya rasa pemerintah harus membantu petani membeli gabahnya. Tentunya dengan harga yang tidak membuat petani rugi,” jelasnya pada awak media (03/10/21).

Sementara masalah bagaimana caranya dan seperti apa dalam membantu para petani padi, dirinya mengakan bahwa Pemerintah yang seharusnya lebih paham.

“Masalah urusan strategi dan teknis, itu sudah merupakan tugas eksekutif,” ujarnya.

Selain masalah pembelian gabah, yang harus dilakukan Pemkab Sumenep menjelang musim tanam padi adalah ketersediaan pupuk. Sehingga para petani tidak bingung lagi untuk mendapatkan pupuk pada saat musim tanam.

“Saya berharap sebagai anggota dewan, Pemkab seharusnya memiliki strategi untuk membantu para petani. Paling tidak pada saat memasuki musim penghujan/tanam mereka tidak kesulitan mencari pupuk, dan pada saat musim panen sudah ada yang bisa dan siap menyerap gabah mereka,” harap mengakhiri. (Mwd/Rf/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.