Gandeng Perpusda Benahi Tata Laksana Perpustakaan Sekolah

  • Whatsapp
ANTUSIAS MENGIKUTI KEGIATAN. Para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan Bimtek Tata Kelola Perpustakaan yang dilaksanakan hasil kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan dengan Dinas Perpusda dan Kearsipan (foto : abd. basid muslim/independent news)

PAMEKASAN, IN.ID | Terobosan baru dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan untuk semakin memantapkan diri sebagai kota literasi. Bertempat di Hotel Cahaya Berlian, para kepala sekolah dan kepala perpustakaan SMP Negeri Sekabupaten Pamekasan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) Tata Kelola Perpustakaan Sekolah Selasa (19/9). Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pamekasan.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Ridwan, S.Pd. didampingi Kadisdik menyampaikan harapan besarnya kepada para kepala sekolah dan kepala perpustakaan di masing-masing satuan pendidikan agar terus melakukan terobosan-terobosan sehingga bisa meningkatkan daya baca warga sekolah.

Bacaan Lainnya

‘’Silakan bapak dan ibu kepala sekolah lakukan terus perubahan yang baik di satuan pendidikan yang bapak ibu pimpin. Sangat diperlukan terobosan terkini dalam pengelolaan perpustakaan sebagai upaya memantapkan diri sebagai kota literasi,’’papar Ridwan.

Ridwan menambahkan, salah satu terobosan yang sangat mungkin dilakukan adalah upaya kepala sekolah untuk meningkatkan nilai atau capaian perpustakaan di setiap satuan pendidikan.

‘’Kondisi perpustakaan bapak dan ibu sudah seharusnya terus ditingkatkan akreditasinya. Mumpung saat ini sedang didampingi pihak perpusda, satu kesempatan untuk mendalami mekanisme akreditasi perpustakaan bapak dan ibu,’’ kata kabid penuh harap.

ANTUSIAS MENGIKUTI. Peserta Bimtek Tata Kelola Perpustakaan begitu semangat mengikuti penjelasan dan arahan pustawan Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (foto : abd. basid muslim/independent news)

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan saat mendampingi Kusairi, S.IP. bagian pustakawan memperkenalkan tentang aplikasi atau software yang bisa dimanfaatkan para kepala sekolah dan kepala perpustakaan pada satuan pendidikan masing-masing untuk mengembangkan layanan perpustakaannya.

‘’Pemanfaatan software ini murah dan gampang karena tidak harus terkoneksi pada jaringan internet. Namun demikian menu-menu atau fasilitasnya lengkap, mulai dari penamaan buku atau katalog, proses keanggotaan, bahkan sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku sangat mudah dilakukan dengan aplikasi ini,’’ jelas Kusairi penuh semangat di hadapan peserta bimtek yang juga antusias menyimak.

Terpisah Abd. Basid Muslim, Ketua MKKS SMP Negeri Kabupaten Pamekasan menyambut gembira kegiatan bimtek tata kelola perpustakaan ini.

‘’Materinya bagus, sayang waktunya terbatas sedangkan materi yang disampaikan banyak sehingga ada beberapa sekolah yang masih kebingungan menggunakan aplikasi yang disampaikan pihak perpusda. Akan kita tindaklanjuti dengan pendampingan setelah kegiatan bimtek ini,’’ paparnya kepada Independent News. (ABM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan