Gebrakan Andong Berdendang Yogyakarta Bersama G.A.J

  • Whatsapp

YOGYAKARTA, IN.ID | Kota Yogyakarta hari ini, Tanggal 17 Agustus 2022 menyajikan keunikan tersendiri dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, dengan suasana yang berbeda bertema “Andong Berdendang” melintasi sepanjang jalan di Kota Yogyakarta.

Andong berdendang bersama Talenta cemerlang Yogyakarta yaitu Geno, Ayu dan Jagad (G. A. J) menciptakan konsep perpaduan seni budaya dan wisata, karena Andong merupakan alat transportasi masa lalu yang masih bertahan hingga masa sekarang di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kendaraan yang tak menghasilkan polusi karbondioksida ini masih banyak dijumpai ikut meramaikan hiruk – pikuk sudut jalan Jogja.

Bacaan Lainnya

Andong sebagai moda transportasi tradisional yang dikenal sebagai ikon pariwisata dilindungi melalui Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Tradisional Becak dan Andong.

Dengan kemasan menarik “Andong Berdendang” dihias sedemikian rupa guna memeriahkan pesta Kemerdekaan RI berjalan di beberapa sudut kota Yogyakarta, dimana G.A.J menyanyikan lagu-lagu bernuansa kecintaan terhadap Negara Indonesia, diantaranya Bendera, Gebyar-Gebyar, Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Air, Indonesia Jaya, dan lain-lain.

Dimulai dari Kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan berakhir di Bank BPD DIY, selama perjalanan G.A.J yang terdiri dari 3 orang vokalis, yaitu Genoveva (12), Dyah Ayu (12), dan Jagad (13) bernyanyi silih berganti dan bersinggah di depan SMPN 5 Kota Yogyakarta, lanjut bernyanyi di BRIMOB POLDA DIY, Kantor POLSEK GONDOKUSUMAN lanjut bernyanyi bersama di MAKO LANAL Yogyakarta, dan Hotel New Saphire.

Sambutan warga sangat meriah di sepanjang jalan yang dilalui Andong Berdendang. “Alhamdulillah Andong Berdendang hari ini berjalan lancar dan disambut dengan baik oleh masyarakat. Gebrakan Andong Berdendang ini merupakan hal baru dan sangat luar biasa. Terimakasih kami ucapkan kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarra, Bank BPD DIY, Mako BRIMOB POLDA DIY, Mako LANAL Yogyakarta, Hotel New Saphire, Polsek Gondokusuman,
dan pihak pihak lain yang tidak bisa kami sebut satu persatu” ujar Yudhi pencetus ‘Andong Berdendang’.

Disampaikan juga oleh Bapak Letkol Laut (P) Agus Sulistyo dari Mako Lanal Yogyakarta, “Acara Andong Berdendang merefleksikan Pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk mencintai bangsanya lewat seni suara dengan menggabungkan unsur Tradisional. Dengan semangat 17 Agustus diharapkan generasi muda dapat terus mengembangkan diri untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.”

Hal yang sama disampaikan oleh Manager G. A. J, Fera Febrianty, “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara ini. Kegiatan yang dilakukan G.A.J dalam memperingati Kemerdekaan RI yang ke 77 dengan mengusung konsep ‘Andong Berdendang’ bernyanyi di atas andong merupakan pengalaman baru sekaligus tantangan guna melatih mental mereka, tentang G.A.J bisa juga di lihat di g.a.j_official”

Sebagai pamungkas, Jagad yang merupakan salah satu personel G.A.J megungkapkan, “Ini merupakan kegiatan yang baru bagi kami dan sangat menantang karena kami menyanyi di atas Andong dan kami juga berhenti di berbagai titik untuk bernyanyi bersama. (YK/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.