Hari Guru 2022 : Terima Kasih Guru, Tanpamu Apa Artinya Aku

  • Whatsapp

ACEH, IN.ID | Hari Guru Nasional dirayakan setiap tanggal 25 November. Peringatan ini menjadi momentum untuk mengenang jasa-jasa guru yang telah mendidik dan membimbing kita sebagai muridnya. Jasa guru sangat besar tidak terkira, karena itu guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru sendiri dianggap sebagai orang tua ketika di sekolah. Mereka tulus dan ikhlas untuk mengajar muridnya dengan harapan para muridnya menjadi orang sukses suatu saat nanti. Guru menjadi penerang di dalam kegelapan hidup, ilmu yang mereka berikan sangatlah bermanfaat untuk kehidupan.

Bacaan Lainnya

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru.

Selamat Hari Guru Nasional

Terima kasih atas segala jasa jasamu yang tanpa pamrih membimbing dan mengajarkan kami, Kau pantas untuk mendapatkan predikat “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

Tanpa jasa jasamu baik waktu dan tenaga, serta kesetiaanmi dalam mengabdi pada negara kami hanyalah manusia yang terbelenggu dalam kebutaan akan ilmu.

Selamat Hari guru, semoga anak-anak negeri ini semakin cerdas, bermanfaat serta berkarater untuk membangun negeri yang jauh lebih baik.

Terima kasih Guru.
Penulis : Sari Ratna Putri, SPd.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *