Ketua Dewan Dukung Tipe Polres Sumenep Ditingkatkan ke Tipe C

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID | Polres Sumenep dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Sumenep, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, H. Abdul Hamid Ali Munir. SH mendukung peningkatan Polres Sumenep menjadi tipe C.

Ketua DPRD H. Abdul Hamid Ali Munir. SH yang juga sebagai politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan langsung melalui rekaman video dirinya yang disebarkan melalui grup WhatsApp, bahwa dirinya mendukung kenaikan tipe Polres Sumenep dari yang semula tipe D ditingkatkan menjadi tipe C, Kamis 23 Februari 2023.

Bacaan Lainnya

“Saya H. Abdul Hamid Ali Munir. SH Ketua DPRD Kabupaten Sumenep mendukung peningkatan tipe Polres Sumenep yang semula tipe D dinaikkan menjadi tipe C dengan jabatan Kapolres Sumenep yang awalnya berpangkat AKBP kini menjadi Kombes,” ungkap Ketua DPRD dalam rekamannya.

Dengan pertimbangan wilayah Kabupaten Sumenep yang begitu luas dan terdiri dari 19 Kecamatan daratan dan 8 Kecamatan Kepulauan dan sejumlah 126 pulau, sehingga Ketua DPRD merasa perlu untuk meningkatkan tipe Polres Sumenep menjadi tipe C.

“Pertimbangan saya, secara luas wilayah Kabupaten Sumenep memiliki 2093,45 KM² yang terdiri 27 kecamatan daratan dan Kepulauan. Dimana Kabupaten Sumenep memiliki 126 pulau yang tersebar membentuk bungkusan pulau baik yang berpenghuni sebanyak 48 pulau dan yang tidak berpenghuni 78 pulau dengan jumlah penduduk mencapai 1.076.805 jiwa,” pungkasnya.

Dari segi jumlah pertumbuhan penduduk dan jumlah personil Kepolisian Polres Sumenep yang berada di beberapa Kepulauan sangat terbatas. Idealnya, wilayah Kabupaten Sumenep ini yang terdiri dari 126 kepulauan sangat sulit petugas kepolisian untuk melakukan pengawasan terhadap adanya penyelundupan barang-barang ilegal dan obat-obatan terlarang, sebab akses melalui laut sangat luas, sehingga sulit terpantau. Oleh sebab itu Polres Sumenep sangat layak untuk dinaikkan tipenya menjadi tipe C dengan penambahan personil Kepolisian. (Ainul H)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan