Ketua DPD PJIDN : Jurnalis Harus Jadi SDM Profesional

  • Whatsapp

BIREUEN, IN.ID | Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Nusantara (DPD PJIDN) Kabupaten Bireuen, Nurdin Ismehram menginginkan para jurnalis (wartawan) yang tergabung dalam wadah organisasi PJIDN berkualitas sebagaimana harapan dan impian DPP PJIDN, Ismail Sarlata dan DPW PJIDN, S Ramadhan Jamil, tuturnya kepada awak media,Rabu (9/2-2022).

Menurut Nurdin, tujuan Ketua DPP dan DPW PJIDN agar insan pers dalam wadah PJIDN tersebut berkualitas dan memperoleh sertifikat, sehingga pihaknya baik DPP maupun DPW secara kontinyu terus berupaya meningkatkan profesionalisme para jurnalis.

Bacaan Lainnya

Disebutkan, upaya yang ditempuh pihak DPP dan DPW PJIDN agar semua jurnalis berkualitas adalah dengan mengadakan pelatihan dengan pembekalan berupa Pra UKW sebagaimana telah dilaksanakan pada 16 – 17 Oktober 2021 di Kota Langsa.

Selanjutnya seluruh DPD PJIDN yang sudah dilantik oleh DPP PJIDN di Hotel Linge Takengon Aceh Tengah Januari lalu sekaligus menjalin dengan erat rajutan silaturrahmi agar tetap dalam koridor persatuan dan kesatuan yang utuh walaupun berbeda media namun tetap satu pena.

Dijelaskan pembekalan dalam rangkaian pra UKW sudah tuntas dilaksanakan dan setelah seluruh DPD PJID se-Aceh dilantik untuk tahapan awal diberikan kesempatan mengikuti UKW hanya pada akhir Maret 2022 mendatang di Bener Meriah dan bagi para wartawan yang tergabung dalam organisasi PJIDN diharapkan mengikuti UKW.

Ketua DPD PJIDN Kabupaten Bireuen menambahkan, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (DPW PJIDN) Aceh, S Ramadhan Jamil sudah mengusulkan kepada Dewan pimpinan Pusat (DPP PJID) Nusantara dan diteruskan kerjasamanya dengan pihak penyelenggara dan direncanakan UKW di Bener Meriah pada 25-28 Maret 2022 mendatang.

Ketua DPW PJID Nusantara, Aceh mengingatkan kepada seluruh peserta Pra UKW untuk terus belajar, belajar dan belajar sebab selain untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi juga untuk menjawab tantangan dalam dunia jurnalistik yang terus tumbuh dengan dinamis.

Menurutnya para jurnalis harus profesionalisme yang tinggi, kecakapan menulis, kemampuan dalam menganalisa dan jangan lupa melakukan chek and richek sebuah berita agar berita yang ditayangkan jelas adanya.

Wartawan atau jurnalis yang tergabung dalam wadah oragnisasi PJID Nusantara diharapkan hasil karyanya bersinggungan dengan kepentingan khalayak ramai dan tidak tendensius.

Untuk itu bila tidak memperhatikan kaidah-kaidah kewartawanan atau jurnalistik, maka karya seorang wartawan tidak saja bisa menyebabkan kerugian obyek berita, namun bisa berakibat keresahan sosial sehingga wartawan dituntut tingkat profesionalisme yang tinggi.

Disebutkan, untuk meningkatkan kompetensi wartawan, DPP dan DPW PJIDN eksis dalam upaya meningkatkan profesionalisme anggotanya, salah satunya dengan mengadakan uji kompetensi, bekerjasama dengan lembaga atau institusi yang berkompeten. (Hera/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.