Ketum DPP KNPI: KTT ke-43 ASEAN Indonesia 2023 Perlu Direalisasikan

  • Whatsapp

JAKARTA, IN.ID | KTT ke-43 ASEAN Indonesia 2023 menghasilkan banyak peningkatan kerja sama ekonomi yang lebih luas dan pertukaran pengetahuan antara kawasan.

Indonesia saja mendapatkan sejumlah kesepakatan investasi 93 proyek hampir Rp 600 triliun, nilai yang yang terbilang spektakuler untuk ukuran ASEAN.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum DPP KNPI, Putri Khairunnisa mengappresiasi kesepakatan tersebut, sekaligus menagih komitmen serta realisasi para pemimpin negara kawasan, negara mitra, juga para pemimpin lembaga internasional ASEAN untuk segera merealisasikan kesepakatan tersebut.

Segera langsung, jangan sampai hanya menjadi wacana,” tegasnya saat ditemui di Ruko Royal Sunter, Jakarta Utara, Jumat (8/9/2023) kemarin.

Menurutnya jangan hanya di wacanakan saja, namun harus diimplementasikan dan menrealisasikannya secara bersama. Sehingga bila berhasil dikerjakan akan benar-benar memberikan dampak nyata pada kawasan ASEAN sebagai epicentrum of growth yang menjadi pemantik pergeseran ekonomi dunia pada kawasan Indo-Pasifik.

Ini prestasi yang luar biasa di tengah situasi sulit saat ini, saya ucapkan selamat Indonesia telah sukses menjadi chief ASEAN SUMMIT,” katanya.

Selain itu, Putri Khairunnisa meminta Negara anggota ASEAN dan negara mitra kerja ASEAN harus berkomitmen bersama menjaga keteduhan politik kawasan.

Dua jalur perdagangan laut kawasan ASEAN harus memiliki dampak positif perekonomian kawasan, kesetaraan dan keadilan pada setiap anggota ASEAN dan mitra kerja menjadi prinsip “sea of corporation”.

Jalur perdagangan laut kawasan sebagai infrastruktur supply chain komoditi harus tetap terjaga. Maka komitmen kemandirian politik kawasan harus tercipta di tengah meningkatnya tensi politik pada belahan dunia lainnya,” pungkasnya. (Rud/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan