NTUC Income Tawarkan Insurance-as-a-Service di Asia Tenggara

  • Whatsapp
Menjanjikan model bisnis asuransi yang baru dan kecepatan peluncuran di pasar kepada mitra asuransi lokal strategis untuk mencapai pertumbuhan dengan menjangkau konsumen digital

SINGAPURA, IN.ID | NTUC Income (Income), perusahaan asuransi gabungan terkemuka di Singapura, melakukan gebrakan pertama ke luar negeri dalam tiga pasar Asia Tenggara melalui kemitraan strategis bersama PT Central Asia Financial (Asuransi JAGADIRI) di Indonesia, Post and Telecommunication Joint Stock Insurance Corporation (PTI) di Vietnam, dan VSure Tech Sdn. Bhd (VSure) di Malaysia pada hari ini.

CEO Income, Andrew Yeo, dan CDO, Peter Tay dalam Upacara Penandatanganan Perjanjian Kemitraan Strategis Virtual bersama perwakilan dari mitra – Reginald Hamdani, CEO, Asuransi JAGADIRI; Bùi Xuân Thu, CEO, PTI; dan Eddy Wong, CEO dan Pendiri Bersama, VSure

Aliansi strategis ini dibangun di atas model Insurance-as-a-Service (IaaS) dari Income yang memungkinkan perusahaan tersebut menghadirkan model bisnis asuransi yang mengutamakan digital kepada para mitra di luar negeri, meningkatkan kecepatan peluncurannya ke pasar, serta memperlengkapi mereka dengan kapabilitas dan alat yang tepat untuk menjangkau segmen nasabah dan arus pendapatan yang baru.

Bacaan Lainnya

Para mitra juga akan dapat mendayagunakan reputasi merek Income yang kuat serta rekam jejak dalam inovasi produk digital untuk mendukung peluncuran di pasar, juga pengetahuan teknologinya dan konektivitasnya dengan ekosistem digital untuk kegesitan yang lebih besar agar dapat melakukan inovasi dengan skala besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Sejak permulaan pandemi COVID-19[1], 70 juta orang di Asia Tenggara telah menjadi konsumen digital dan melakukan pembelian daring lebih banyak daripada sebelumnya. Hampir 80% populasi di Asia Tenggara diperkirakan akan menjadi konsumen digital pada akhir tahun 2021, yang merupakan sinyal permintaan yang kuat untuk konsumsi digital di kawasan tersebut.

Ukuran pasar untuk asuransi digital juga diperkirakan akan mencapai US$7,6 miliar pada tahun 2025[2], dengan peluncuran layanan keuangan digital di Asia Tenggara dalam cara yang menarik, baik bagi konsumen maupun bisnis. Secara lebih signifikan, percepatan konsumsi digital tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, dengan 9 dari 10 konsumen digital baru yang bermaksud untuk terus menggunakan layanan digital di masa yang akan datang[3].

Andrew Yeo, Pejabat Eksekutif Tertinggi, Income mengatakan, “Gebrakan kami ke luar negeri membuka bab baru dari pertumbuhan untuk Income, dan ini merupakan langkah natural berikutnya dalam rencana pertumbuhan strategis kami. Potensi pasar di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam sangat besar, hal ini mengingat populasi mereka yang relatif muda dan tingkat penetrasi seluler yang relatif tinggi. Mengingat area distribusi geografis mereka yang besar, saya percaya bahwa beberapa pasar ini sangat unggul terutama untuk proposisi asuransi digital terbaru, yang diberdayakan oleh teknologi. Keanekaragaman mitra regional kami merupakan bukti terhadap nilai dari model IaaS kami, dan yang lebih signifikan, merupakan sinyal bahwa Income menempati posisi yang baik untuk bekerja sama dengan mitra mana pun di Asia.”

Yeo menambahkan, “Sebagai perusahaan asuransi yang berasal dan bertumbuh di Singapura, kami memahami bahwa bisnis yang dibangun di negeri sendiri memahami konsumen lokal mereka dengan paling baik, oleh karena itu, kemitraan tersebut merupakan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kita. Dengan membentuk aliansi strategis bersama para mitra lokal yang memiliki pemikiran serupa, kami dapat memahami permintaan populasi digital di Asia terlebih dahulu, meningkatkan skala penawaran kami dengan lebih cepat melalui ekosistem mitra kami, dan yang paling penting, menghubungkan asuransi yang lebih baik bagi nasabah, dan menjadikan asuransi lebih mudah diakses bagi lebih banyak orang. Tujuan Income adalah memberdayakan kesejahteraan keuangan yang lebih baik bagi semua orang, dan menawarkan akses asuransi bahkan kepada orang-orang yang kurang terlayani di antara kita. Tujuan kami adalah tetap berkomitmen terhadap maksud pendirian kami, bahkan ketika kami memperluas jangkauan kami di luar negeri.”

Menghadirkan model bisnis asuransi terbaru yang inovatif bagi pasar luar negeri

Sejak pendirian Kantor Transformasi Digital atau Digital Transformation Office (DTO) lebih dari empat tahun yang lalu, Income telah melakukan inovasi dan meluncurkan model bisnis asuransi baru seperti mikro-asuransi (SNACK), asuransi berlangganan (TRIBE), dan asuransi berbasis penggunaan (Milesurance, Gigsurance, dan Freightsurance).

Beberapa proposisi ini menghadirkan cara kerja sama baru ke pasar, dan mengonsumsi asuransi yang melekat dalam gaya hidup nasabah. Hal ini mengharuskan pergeseran dalam pola pikir asuransi konvensional dan jumlah risiko yang dapat diterima, yang belum pernah terjadi sebelumnya, di samping apresiasi baru untuk data, teknologi asuransi, dan pendekatan iteratif terhadap perancangan produk dan peluncurannya.

Peter Tay, Pejabat Digital Tertinggi, Income mengatakan, “Seiring dengan upaya kami untuk menghadirkan inovasi asuransi baru ke pasar, kami dapat menghimpun pengalaman kami dan belajar dari asuransi hasil imajinasi ulang di seluruh rantai nilai ke dalam suatu model Insurance-as-a-Service. Para mitra regional kami mengetahui keuntungan kompetitif yang mendalam, yang menyertai model tersebut, karena Income mengembangkan ekosistem digital dan terus mengembangkan cara kerja bersama mitra ekosistem, baik di Singapura maupun regional. Dengan demikian, model IaaS tersebut berperan dalam kekuatan kami sebagai perusahaan asuransi digital, yang menghubungkan para mitra dengan kapabilitas yang tepat, pengetahuan teknologi, dan model asuransi inovatif untuk melakukan transformasi dan peningkatan model bisnis mereka secara efisien.”

Tay menambahkan, “Asuransi JAGADIRI, PTI, dan VSure merupakan nama-nama merek terkemuka di pasar mereka masing-masing. Kami merasa terhormat karena dapat bekerja sama dengan mereka, sehingga mereka dapat menggunakan model IaaS kami, dan kami menantikan untuk menghadirkan lebih banyak proposisi asuransi inovatif untuk memuaskan nasabah kami dan menutup kesenjangan dalam hal perlindungan di pasar-pasar ini. Baik melalui layanan mikro application program interface (API) atau antarmuka program aplikasi plug-and-play/pasang-dan-pakai modular kami tanpa batas, inovasi produk, desain perjalanan nasabah yang lancar, atau kapabilitas penentuan harga yang dinamis, kami percaya diri bahwa model IaaS tidak hanya akan melengkapi, namun juga menambahkan nilai bagi solusi yang sudah ada dari para mitra, dan memperkuat proposisi nilai mereka dalam bidang asuransi, broker, atau teknologi asuransi.”

Bermitra dengan bisnis yang dibangun di negeri sendiri untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal

Sebagai bagian dari kemitraan strategis Income bersama Asuransi JAGADIRI, PTI, dan VSure, perusahaan-perusahaan ini akan menjadi yang pertama di Indonesia, Vietnam, dan Malaysia untuk meluncurkan Droplet di empat kota yaitu DKI Jakarta, Hanoi, Kota Ho Chi Minh, dan Kuala Lumpur.

Droplet adalah produk mikro-asuransi yang pertama dari jenisnya, yang dirancang untuk mengatasi kesulitan utama yang dialami konsumen di Asia Tenggara – lonjakan harga di platform berbagi tumpangan selama hari hujan.

Pada tahun 2020, total nilai pasar dari berbagi tumpangan di Asia Tenggara diperkirakan mencapai US$11 miliar[4], dengan Indonesia yang menempati posisi terdepan (US$5 miliar), diikuti oleh Singapura (US$2 miliar), Vietnam (US$1,6 miliar), dan Malaysia (US$1,1 miliar). Dengan total nilai pasar berbagi tumpangan di Asia Tenggara yang diperkirakan meningkat hampir empat kali lipat hingga US$42 miliar pada tahun 2025, permintaan yang luar biasa terhadap layanan berbagi tumpangan di kalangan penduduk Asia Tenggara telah meningkat untuk kebutuhan “rainsurance” atau asuransi hujan seperti Droplet, yang bisa melindungi konsumen dari segi finansial terhadap lonjakan harga pada platform-platform ini, terutama selama musim hujan.

“Gaya hidup yang diberdayakan oleh teknologi telah membuka berbagai peluang nyata untuk solusi asuransi. Fenomena berbagi tumpangan dan peluncuran Droplet merupakan beberapa contoh kasus yang baik untuk hal itu. Kami yakin proposisi asuransi yang melekat dengan gaya hidup seperti Droplet sedang mengalami kenaikan, dan akan terus memetik inspirasi dari kesulitan utama yang dialami oleh konsumen dalam hal gaya hidup di Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan di luarnya untuk mendorong inovasi, menciptakan produk asuransi digital bersama-sama, dan membentuk pengalaman nasabah bagi lebih banyak orang secara regional,” ujar Peter Tay dengan antusias.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi droplet.sg.

Lampiran A – Kutipan oleh Mitra
“Asuransi JAGADIRI adalah salah satu pelopor dalam asuransi e-commerce di Indonesia, dan kami sangat bangga untuk berkolaborasi dengan NTUC Income dari Singapura. Kami percaya bahwa kemitraan yang sangat strategis ini dapat menyediakan solusi asuransi berbasis teknologi yang inovatif bagi penduduk Indonesia.

Untuk pertama kali di Indonesia, kami memperkenalkan proposisi terbaru yaitu Droplet, yang juga dikenal dengan JAGA HUJAN, sebagai bagian dari “asuransi berbasis gaya hidup” kami, yang dirancang untuk menyediakan perlindungan terhadap lonjakan harga ketika konsumen menggunakan jasa berbagi tumpangan selama hari hujan. Kemitraan ini memungkinkan fleksibilitas untuk menyesuaikan Droplet bagi konsumsi lokal sehingga konsumen di Indonesia juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi, agar mereka merasa aman ketika sedang berada dalam perjalanan. Kami harap kolaborasi ini akan menjadi awal kehadiran lebih banyak produk asuransi inovatif yang berbasis teknologi.”

Reginald Hamdani,
CEO Asuransi JAGADIRI
Untuk informasi lebih lanjut: www.Asuransi JAGADIRI.co.id

“Kami melihat adanya sinergi yang sangat besar dalam hasil karya tim Transformasi Digital (DTO) dari Income dalam hal inovasi di bidang asuransi, yang serupa dengan pendekatan PTI Digital dalam Asuransi Digital dan Mikro. Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan proposisi Droplet yang unik, yang telah diterapkan dengan sukses di Singapura, ke Vietnam. Penawaran produk ujung-ke-ujung dan teknologi, dari kalkulasi risiko harga hingga alur pembelian dan proses klaim, memiliki kesesuaian yang sempurna dengan visi PTI dalam mengembangkan inovasi di bidang asuransi mikro yang cocok dengan gaya hidup nasabah kami.”

Bùi Xuân Thu
CEO, PTI
Untuk informasi lebih lanjut: www.pti.com.vn/en/home.html

“Kami merasa senang karena dapat bermitra dengan NTUC Income untuk menghadirkan penawaran asuransi digital jenis baru kepada kalangan penduduk Malaysia melalui Droplet. Solusi ini dan dampaknya yang potensial menciptakan resonansi yang kuat dengan identitas VSure sebagai Perusahaan Asuransi Digital Gaya Hidup Sesuai Permintaan, dan memiliki makna yang sama dengan visi kami untuk menghadirkan jangkauan perlindungan inovatif yang terjangkau secara terus-menerus kepada orang banyak.

Hujan sudah tidak asing lagi bagi orang Malaysia, dan kami percaya bahwa perlindungan terhadap lonjakan harga dari berbagi tumpangan selama hari hujan merupakan contoh yang sangat baik bagi asuransi hasil imajinasi ulang yang menyenangkan bagi konsumen dan gaya hidup modern mereka pada masa kini. Kami sangat bersemangat karena dapat menjadi mitra yang menghadirkan Droplet ke Malaysia, yang berperan sebagai cara lain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Malaysia yang belum terlayani tentang vitalitas dari tetap terlindungi, melalui rencana perlindungan berukuran kecil yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka yang aktif dan beragam.

Kemitraan ini memiliki makna yang sangat besar bagi VSure, karena menandai permulaan kerja sama dua perusahaan dengan tujuan yang sama, untuk menjadikan asuransi bahkan lebih mudah diakses dan relevan bagi pasar Asia Tenggara.

Kemitraan kolaboratif kami bersama Income tidak akan berhenti di sini, dan pada akhirnya, kami akan mengembangkan berbagai proposisi perlindungan gabungan inovatif yang terbaru lainnya ke dalam pasar Malaysia. Kami sangat yakin bahwa model kolaboratif regional silang ini akan makin maju dan mengembangkan masa depan perlindungan kami kepada orang banyak, yang menciptakan sekumpulan perlindungan yang sepenuhnya baru bagi gaya hidup modern.”

Eddy Wong
CEO dan Pendiri Bersama, VSure
Untuk informasi lebih lanjut: https://www.vsure.life/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.