PANEN KARYA SISWA SLOGOHIMO MENJADI AJANG KREATIVITAS

  • Whatsapp

WONOGIRI, IN.ID | Suara bunyi gong yang ditabuh DR Yuli Bangun MPd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri menggema di hall Laras menandai dibukanya Panen Karya Siswa dan Pentas Seni (Selasa, 31/5).

Gelaran acara sebagai ajang untuk menggali potensi siswa di luar kemampuan akademik itu diharapkan menumbuhkan bakat yang dimiliki siswa agar lebih berkembang sekaligus menjaring potensi siswa di bidang seni dimaksudkan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional serta Hari Ulang Tahun Kabupaten Wonogiri ke-281.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini layak diapresiasi seiring niatan Kementrian Pendidikan dalam mengupayakan Merdeka Belajar. Panen Karya Siswa dan Pentas Seni yang digelar Korwilcambiddik Slogohimo ini menjadi bukti nyata bahwa siswa harus senantiasa ditumbuhkan kreatifitasnya, jiwa usahanya untuk menuju cita-cita pendidikan yang maju dan mandiri,” ungkap Yuli Bangun, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, saat pembukaan.

Yuli Bangun juga mengacungi jempol karena dari 25 kecamatan se-Kabupaten Wonogiri, hanya tiga kecamatan yang menggelar acara gelar karya siswa yaitu, kecamatan: Baturetno, Purwantoro dan Slogohimo.

Panen Karya Siswa tahun ini menampilkan berbagai ketrampilan siswa seperti: griya anyaman, kewirausahaan dan pemanfaatan limbah. Sedang di bidang seni menampilkan: kerawitan, tari, puisi, geguritan dan dongeng.

“Menjadi tanggung jawab pendidik untuk mewujudkan siswa yang produktif, kreatif dan berdikari demi masa depan siswa serta mengembangkan potensi sesuai minat bakat di bidang seni dan ketrampilan,” papar Ery Mulat Yulia, ketua panitia.
Kegiatan yang diikuti siswa TK dan SD se-Kecamatan Slogohimo menampilkan 17 stand karena mewakili desa/kelurahan.

“Karya siswa yang ditampilkan merupakan karya yang lolos seleksi tingkat sekolah. Tiap sekolah dibatasi sepuluh karya terbaik yang harus dibuktikan dengan video. Seleksi telah dilakukan sejak bulan April yang lalu,” jelas Purwanto, sekretaris panitia.

Kesuksesan acara tidak lepas dari upaya Motivi dan sanggar tari Tunjung Biru yang telaten mempersiapkan tahap per tahap sehingga acara berlangsung meriah dan sukses. (KP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.