Paralayang Sumenep Mampu Lahirkan Atlet Berkualitas

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID | Pulau Madura memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Mulai kekayaan wisata alam dan destinasi bangunan bersejarah. Dan hanya Kabupaten Sumenep di Pulau Madura yang memiliki tempat destinasi wisata Paralayang dan mampu melahirkan atlet yang berkualitas di kejuaraan Paralayang.

Destinasi Wisata Paralayang Jokotole di Sumenep, merupakan tempat wisata paralayang pertama kali yang ada di Pulau Madura, yang memiliki sejuta panorama alam yang mempesona, udara sekitar yang sejuk dan cocok dijadikan tempat wisata sembari bersantai menikmati panorama alam bebas.

Bacaan Lainnya

Paralayang Jokotole merupakan wisata lokal yang dibangun dan dikelola oleh pemkab, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Destinasi wisata Paralayang ini terletak di puncak bukit Lanjari di Dusun Gaber Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.

Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Pemerintah Desa setempat mengelola destinasi wisata alam tersebut dijadikan tempat ajang Festival Paralayang di puncak bukit Lanjari, kegiatan tersebut bertujuan tidak hanya sebatas memperkenalkan destinasi wisata semata, tapi untuk mencetak atlet berkualitas.

Dalam kesempatan itu Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, menyampaikan kepada awak media bahwa event kali ini Pemerintah Kabupaten Sumenep menyajikan berbagai pertunjukan hiburan dan kesenian Madura yang bisa dinikmati oleh para pengunjung khususnya bagi masyarakat sekitar.

”Pada event ini, masyarakat dapat menyaksikan beragam pertunjukan tradisional khas Kabupaten Sumenep yang dimulai sejak tanggal 24 Mei 2022,” ujar Bupati, Jumat 27 Mei 2022.

Bupati Sumenep berkomitmen bahwa bukit Lanjari yang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan tersebut yang berada di bumi Sumekar ini, akan dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai tempat olahraga pecinta Paralayang.

“Yang jelas, potensi puncak Lanjari perlu dimanfaatkan secara optimal untuk pariwisata olahraga guna melahirkan atlet paralayang berprestasi dan berkualitas,” ucap Bupati.

Dengan adanya alam puncak bukit Lanjari yang indah ini yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua, Bupati berharap kepada semua pihak khususnya elemen masyarakat dan Pemerintah Desa setempat untuk bergotongroyong saling bahu membahu dengan Pemkab dalam upaya pengembangan tempat pariwisata.

“Pengembangan pariwisata sejatinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena bisa memperluas kesempatan berusaha. Mari bergotong royong dan bahu-membahu demi Sumenep maju, sejahtera dan mandiri,” harapnya.

Dengan diadakannya kegiatan festival Paralayang di puncak Lanjari ini yang digelar oleh Pemkab Sumenep, destinasi wisata puncak Lanjari tersebut bisa menarik para wisatawan luar berkunjung ke Kabupaten Sumenep untuk melakukan olahraga Paralayang dan berlibur menikmati keindahan panorama alamnya.

Festival Paralayang di Puncak Lanjari pada hari ini Jumat 27 Mei 2022 yang dikemas meriah ini satu-satunya di Madura. Semoga setelah festival itu, puncak Lanjari menjadi daya tarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep,” pungkas Ra Achmad Fauzi.

Selain puncak bukit Lanjari yang memiliki pesona alam yang mempesona, di bumi Sumekar ini masih banyak destinasi wisata alam yang lebih menarik bagi para wisatawan untuk berlibur seperti:
1. Wisata alam oksigen terbaik nomer dua sedunia, yang terletak di pulau Gili Iyang,
2. Wisata alam Pantai Lombang yang keindahannya selain ombak pantainya, pesisir pantai dikelilingi dengan pohon Cemara yang rindang.
3. Wisata alam Pantai Slopeng yang memiliki keindahan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh pohon Siwalan, Kelapa dan Cemara yang rindang.
4. Wisata alam Pantai Gili Labak ini memiliki berjuta keindahan yang bisa dinikmati. Tempat yang masih asri, air laut bersih dengan keindahan terumbu karang yang dihuni sejuta ikan warna-warni di dalam laut, keindahan hamparan pasir putihnya.
5. Wisata alam Pantai Sembilan ini menjadi ikon utama Pulau Gili Genting. Salah satu “The Soul of Madura.” Pesona Keindahan Pantai Sembilan ini memiliki daya tarik utama dari pantai ini yaitu gundukan pasir yang berbentuk menyerupai angka sembilan, yang memiliki hamparan pasir putihnya yang membuat air laut bersih dan jernih.
6. Wisata alam Gua Sukarno merupakan salah satu lokasi wisata alam yang menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit di dalamnya, yang sangat indah sekali dengan dihiasi warna warni cahaya lampu di dalam gua.

Selain itu semua, di Kabupaten Sumenep “The Soul of Madura.” ujung timur pulau garam Madura masih banyak terdapat tempat wisatawan yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung seperti,

1. Wisata bangunan Kota Tua Kalianget yang penuh dengan sejarah.
2. Pendopo Keraton Kerajaan Sumenep
3. Masjid Agung Jamik Sumenep adalah bangunan masjid tertua di jaman terdahulu
4. Wisata religi Asta Tinggi adalah tempat makan para Raja Sumenep terdahulu
5. Wisata Religi Asta Sayyid Yusuf Talango
6. Dan masih banyak tempat tempat wisata yang dibangun di Kabupaten Sumenep. (AH/Erf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.