Pemkab Sumenep Gelar Safari ke 3 Pulau di Tahun 2022

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID | Dalam rangka menyapa masyarakat yang berada di wilayah kepulauan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Gelar safari kepulauan, yakni di Kecamatan (Pulau Sapeken), Kangayan, Arjasa (Pulau Kangean) dan Kecamatan (Pulau Raas), mulai Kamis hingga Senin (2-6/6/2022).

Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak dua tahun terakhir ini, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H., dan Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah, S.H., M.H., M.Pd.I., baru 2022 ini mengadakan safari kepulauan sejak dilantik 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan ini, diikuti oleh unsur Forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati di Pelabuhan Kalianget, Kamis (02/06/2022).

Bupati Ra Achmad Fauzi mengatakan, safari kepulauan ini merupakan bagian komitmen dan rasa tanggung jawab pemerintah daerah dalam menggali dan menyerap aspirasi masyarakat, sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah daerah di masa mendatang.

“Kegiatan ini mencerminkan bahwa pemerintah daerah serius membangun wilayah kepulauan,” kata Bupati di sela-sela pelepasan rombongan safari kepulauan.

Bupati mengungkapkan, OPD untuk memformulasikan hasil serap aspirasi itu menjadi kebijakan program pembangunan daerah.

”Diharapkan, hasil dari kunjungan kerja ke kepulauan dijadikan konsep untuk merumuskan program kebijakan pembangunan yang berpihak pada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Politisi Muda PDI Perjuangan ini, pimpinan OPD juga diajak dalam kegiatan safari kepulauan tahun ini agar mereka mencatat apa saja yang menjadi masukan masyarakat. Misalnya, diharuskan mendapat penanganan cepat supaya segera tertangani.

”Kalau yang tidak terlalu mendesak, mungkin langsung bisa ditindaklanjuti tahun depan,” ujarnya.

Fauzi menuturkan, setidaknya dengan kegiatan safari kepulauan ini, ada manfaat untuk pembangunan di kepulauan. Tak terkecuali, untuk mengetahui langsung pelayanan di sana.

”Karena tagline “Bismillah Melayani” tidak hanya dirasakan masyarakat darat, tapi juga masyarakat kepulauan,” Ucapnya.

Bupati Ra Fauzi menjelaskan, pihaknya dalam setiap kegiatan bisa bertatap muka dan bersilaturahim melibatkan para tokoh agama, tokoh masyarakat, para kepala desa serta masyarakat.

“Kami melibatkan mereka guna mendapatkan saran dan masukan untuk kemajuan Kabupaten Sumenep lebih baik lagi,” Tandasnya.

Untuk Diketahui, Hari pertama Jumat 3 Juni 2022, berdasarkan jadwal Bupati bersama rombongan dijadwalkan bertemu dengan masyarakat Sapeken di Pendopo Kecamatan setempat, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini juga akan melaksanakan Shalat Jumat di pulau setempat setelah melakukan silaturrahim dengan para tokoh agama.

Sore hingga malam, Suami Nia Kurnia Fauzi ini melanjutkan pertemuan dengan masyarakat pulau Paliat dan ditutup dengan silaturrahim di pulau Kangayan hingga pukul 21.00 WIB. (ImK/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.