Proses Pemilihan BPD Kalianget Barat Dikeluhkan Masyarakat

  • Whatsapp
Foto: Moch. Hari Ketua Lembaga KPK Markas wilayah Sumenep (bertopi) melakukan konfirmasi kepada Ketua RT.07 Ridwan (Kiri)

SUMENEP, IN.ID | Berdasarkan beberapa pemberitaan di media online yang menayangkan kegiatan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kalianget Barat. Proses perekrutan dan pemilihan BPD tersebut dikeluhkan oleh masyarakat.

Pasalnya, perekrutan dan pemilihan BPD tersebut dinilai ada yang ganjil, dikarenakan tidak diumumkan secara terbuka untuk masyarakat Desa Kalianget Barat dan tidak melibatkan RT setempat.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya kegiatan pemilihan DPD Kalianget Barat yang sudah terpilih, terkesan ada unsur politis yang hanya ingin dimanfaatkan untuk menguntungkan pribadi dan kelompok tertentu saja. Oleh karena banyak masyarakat setempat yang mengeluhkan proses perekrutan dan pemilihan BPD tersebut dinilai tidak ada transparansi.

“Ini gimana, sebenarnya maunya bagaimana Pemerintahan Desa Kalianget Barat, kok dalam perekrutan calon BPD tidak diumumkan secara terbuka dan tau-tau sudah dilakukan pemilihan,” ucap warga kepada awak media pada Jum’at 01 Maret 2022 yang lalu.

Pada hari Sabtu 02 Maret 2022, Moch Hari Ketua Lembaga KPK Markas wilayah Sumenep yang berdomisili di Desa Kalianget Barat, juga merasa heran melihat dan membaca sebuah pemberitaan media atas kegiatan pemilihan DPD.

“Kamu tahu tidak tentang adanya informasi perekrutan calon BPD, Kok dipemberitaan sudah terlaksana kegiatan pemilihan untuk anggota BPD Kalianget Barat,” ujarnya.

Berdasarkan informasi tersebut pihak media bersama Ketua Lembaga KPK Markas wilayah Sumenep mencari informasi tentang perekrutan calon BPD hingga terpilih. Hasil investigasi media dan Lembaga KPK, mayoritas masyarakat RT. 07 RW. 03 banyak yang tidak tahu tentang pengumuman perekrutan calon anggota BPD dan Pihak RT pun juga tidak tahu.

“Saya selaku Ketua RT di sini tidak dilibatkan atau tidak diberi surat pemberitahuan, sehingga tidak tahu tentang pengumuman perekrutan calon anggota BPD dan dalam kegiatan pemilihan pun juga tidak dilibatkan,” katanya saat dikonfirmasi oleh media bersama Ketua Lembaga KPK Markas wilayah Sumenep, Sabtu 02 April 2022 di rumahnya.

Dengan sudah terpilihnya sejumlah anggota BPD Kalianget Barat, diduga sudah menyalahi aturan yang ada karena tidak ada transparansi kepada masyarakat dan tidak melibatkan sejumlah pihak RT.

Dengan adanya kejanggalan tersebut dalam perekrutan dan pemilihan BPD, diduga kuat ada tujuan tertentu demi untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu saja.

Demi untuk ketransparanan dan jalannya demokrasi, Moch Hari Ketua Lembaga KPK Markas wilayah Sumenep berharap kepada pihak yang berwenang untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu atas terpilihnya ke-9 anggota BPD tersebut.

“Saya berharap kepada pihak Pemerintah yang memiliki kewenangan, untuk melakukan evaluasi dan seleksi terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan atau SK terhadap sejumlah anggota BPD yang terpilih, agar kelak BPD tersebut benar-benar bisa menjalankan tugasnya demi untuk kepentingan semua pihak bukan hanya kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja, demi kemajuan Desa Kalianget Barat nantinya,” pinta Moch Hari dengan tegas.

Perlu kita ketahui bersama, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Tujuan BPD dibentuk guna untuk bisa menjadi kontrol dan mengawasi pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan penggunaan anggaran desa.

Perlu diketahui tugas dan fungsi BPD adalah,
1. Membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa;
2. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa; dan
3. Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Dengan adanya kejanggalan tersebut hingga pemberitaan ini tayang, Suharto selaku Kepala Desa Kalianget Barat tidak menanggapi Konfirmasi dari media melalui chat WhatsApp. (AH/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *