Rakernas IWO 2021 : Kesadaran Kebangsaan Wartawan Online di Tengah Digitalisasi Media

  • Whatsapp
Foto : Ketum IWO Bersama Peserta Rakernas dari PD IWO Kab. Sumenep Madura Jawa Timur

BOGOR, IN.ID | Ikatan Wartawan Online (IWO) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2021 yang dilaksanakan di New Panjang Jiwo Resort Sentul Bogor 11-12 Desember 2021.

Rakernas kali ini dihadiri Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) seluruh Indonesia dan juga digelar secara Virtual.

Bacaan Lainnya

Tema Rakernas IWO tahun 2021 ini adalah, “Kesadaran Kebangsaan Wartawan Online di Tengah Digitalisasi Media”.

Rapat Kerja nasional (Rakernas) membahas materi program kerja satu tahun kedepan, yang di antaranya adalah persiapan Musyawarah Besar (Mubes) dan evaluasi kepengurusan.

Di hadapan para peserta Rakernas, Ketua Umum IWO Jodhi Yudono mengatakan, Bahwa agenda IWO merupakan saat-saat yang menarik bagi para wartawan.

Dalam kegiatan tersebut, Jodhi berharap para wartawan yang tergabung dalam satu wadah besar ini bisa memanfaatkan ajang Rakernas untuk bersilaturahmi dengan rekan sesama profesi.

“Selain membahas materi program kerja satu tahun ke depan, persiapan musyawarah besar, dan evaluasi kepengurusan, tentunya kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi, karena yang hadir itu keseluruhan pengurus wilayah dan pengurus daerah se-Indonesia,” ujar Jodhi.

Mengusung tema ‘Kesadaran Kebangsaan Wartawan Online di Tengah Digitalisasi Media’, Jodhi pun menyinggung para wartawan yang hadir bila melihat fakta kebangsaan yang sedang berlangsung, dan dimana terjadi degradasi nasionalisme di sebagian golongan masyarakat dan ancaman perpecahan, serta rentannya generasi muda terhadap pengaruh negatif digitalisasi media yang sedemikian masif, maka spirit IWO dapat menjadi pemantik energi baik bagi bangsa ini.

“Tujuan kita disitu, dapat memberi kontribusi kepada bangsa dan negara melalui kerja profesional yang adil dan bermartabat,” paparnya.

Di samping itu, Jodhi juga berharap dengan adanya kegiatan Rakernas di tahun ini dapat menambah semangat kebersamaan dan kekompakan para pengurus dalam membangun wilayah atau daerah masing-masing.

“Kita harus mampu memberikan kontribusi di daerah-daerah kita, tentunya dengan kemampuan yang kita miliki saat ini,” imbuhnya.

Selain itu, diharapkan wartawan dapat memberi kontribusi kepada bangsa dan negara melalui kerja profesional yang adil dan bermartabat.

Sementara dalam tema talkshow RAKERNAS, Ketua Umum IWO mengatakan, “Apabila melihat fakta kebangsaan yang sedang berlangsung, dimana terjadi degradasi nasionalisme di sebagian golongan masyarakat dan ancaman perpecahan, serta rentannya generasi muda terhadap pengaruh negatif digitalisasi media yang sedemikian masif, maka spirit IWO dapat menjadi pemantik energi baik bagi bangsa ini.

Itulah sebabnya, dalam RAKERNAS ini kami mengusung talkshow dengan judul:
“Kesadaran Kebangsaan Wartawan Online di Tengah Digitalisasi Media,” tegas Ketua Umum IWO Jodhi Yudono.

Diketahui, acara tersebut juga dihadirkan nara sumber dari Ketua Komisi II DPR Dr. Ahmad Doli Kurnia Tanjung, serta nara sumber talkshow CEO PRMN, Agus Sulistriyono Founder Kompasiana, Pepih Nugroho, Digital Developer Deden Lesmana. (IM/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *