SAR dan Koarmada III Selamatkan Korban Tubrukan Kapal

  • Whatsapp

SORONG, IN.ID | TNI AL/Koarmada III. Berdasarkan informasi Kantor SAR Sorong telah terjadi tubrukan kapal di Selat Sele Sorong, sebagaian personel atau penumpang dan ABK dapat menyelamataknan diri dan sebagian terperangkap. Selanjutnya Kepala Kantor SAR Sorong meminta dukungan bantuan SAR Laut kepada Koarmada III, kemudian Koarmada III melaksanakan Operasi Dukungan Bantuan SAR Laut dan melaporkan ke Komando Atas secara berjenjang, dimana sebelumnya Panglima Koarmada III menunjuk Komandan Satuan Udara Koarmada III sebagai Komandan Satgas SAR Laut Koarmada III untuk berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi SAR terkait di Sorong dalam rangka melaksanakan Operasi SAR di laut, Selasa (29/03/22)

Pada tahap selanjutnya Komandan Satgas SAR Laut Koarmada III memerintahkan unsur melaksanakan SAR di lokasi kejadian, kemudian Patroli Martitim/Pesud Cassa TNI AL melaksanakan monitoring udara yang selanjutnya menginformasikan kepada Tim SAR Laut untuk menuju titik lokasi SAR, dan menyelamatkan personel korban kecelakaan laut tersebut, korban selanjutnya dibawa menggunakan Helikopter Bell TNI AL dan Kapal ke Posko Kesehatan Koarmada III untuk mendapat pertolongan pertama yang kemudian dirujuk ke RSAL R Oetojo Sorong, demikian skenario Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Koarmada III TA 2022 yang didukung Kantor SAR Sorong, Polairud Sorong dan KPLP Sorong.

Bacaan Lainnya

Pada bagian lain Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., selaku Direktur Latihan memberikan arahan dan mengatakan, bahwa Latihan Penyiapan LKO Koarmada III TA 2022 merupakan implementasi dari kebijakan pembinaan kemampuan personel maupun alutsista, yang bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan operasional Koarmada III, agar memiliki kemampuan yang handal untuk melaksanakan Operasi Pencarian dan Penyelamatan (SAR), sehingga dapat berhasil, berdaya guna dan terintegrasi dalam rangka terwujudnya Kesiapsiagaan Operasional Koarmada III sesuai dengan program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono dalam membangun SDM TNI Angkatan Laut yang unggul.

Selanjutnya Panglima Koarmada III, mengharapkan agar seluruh pelaku Latihan, berlatih dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sasaran Latihan yang telah ditetapkan, serta utamakan keamanan dan keselamatan personel dan material dalam melaksanakan seluruh rangkaian latihan, “Wujudkan Zero Accident dalam setiap kegiatan”, tegas Panglima Koarmada III.

Sebelum pelaksanaan Latihan, Panglima Koarmada III, didampingi Pejabat Utama Koarmada III, Kepala Kantor SAR Sorong, Kasubdit Patroliairud Sorong dan Kepala Bidang keselamatan Berlayar Patroli dan Penyidikan KSOP Sorong melakukan pemeriksaan dan pengecekan personel dan alutsista yang digunakan dalam Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada III TA 2022 di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorongm Papua Barat.

Latihan tersebut melibatkan kurang lebih 405 personel yang terdiri atas penyelenggara, pelaku dan pendukung, sedangkan Alutsista antara lain tiga KRI, satu Kapal Basarnas, satu Kapal KPLP, satu Pesawat Patroli Maritim Cassa, satu Helikopter Bell, dua KAL, dua Patkamla, dua Sea Rider, dan empat sekoci karet.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada III dengan simulasi SAR laut dapat berjalan dengan lancar dan aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Dispen Koarmada III)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.