Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November 2021

  • Whatsapp

SEJARAH, IN.ID | Pada abad pertengan sampai awal abad 19 negera-negara maju melakukan exspansi perluasan wilayah yang mencakup perluasan Asia Tengah Afrika hingga Afrika Tenggra, penduduk-pendudukan yang sekarang ini kita kenal sebagai kolonialisme.

Atas kesepakatan negara-negara kolonialisme yang menyatukan kesepkatan, yang dimotori oleh Ir Suekarno dalam kemerdekaan Indonesia.

Setelah adanya kesepakatan antara Asia dan Afrika maka timbullah perlawanan dimana-mana di Asia sendiri, perlawanan ini banyak memunculkan sejumlah tokoh perlawanan kemudian kita kenal dengan istilah tokoh-tokoh perjuangan seperti yang kita lihat di buku-buku sejarah, monumen perjuangan dan cerita-cerita sejarah yang dituliskan ulang oleh sejarahwan.

Pahlawan adalah prilaku yang dilandasi sifat-sifat yang jujur, berani, pantang menyerah dan tanpa pamrih dalam melaksanakan tugas sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia. Arti hari pahlawan itu sendiri, untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu tujuan mengenang hari pahlawan untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengugahkan kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari
Peristiwa pada 10 november 1945 bermula saat tentara inggris mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945 sebelum terjadinya pertempuran tentara inggris termasuk sekutu atau Allied forces netherlands east indie (AFNEI).

Pihak lain juga ikut membonceng dan singgah di Surabaya. Pertempuran tersebut menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia atas kolonialisme. Dan ini adalah pertempuran pertama bangsa Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi. Ini juga disebut sebagai yang terbesar dan terberat dalam sejarah revolisi nasional. (RJ/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan