Sekdaprov Adhy Dampingi Wapres Resmikan 4 Masjid di Rest Area Pasuruan

  • Whatsapp

PASURUAN | IndependentNews.id | Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono mendampingi Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin meresmika 4 masjid di rest area tol Pasuruan-Malang, Jumat (22/12/2023).

Peresmian 4 masjid tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wapres Ma’ruf Amin disaksikan langsung oleh Sekda Adhy dan seluruh jajaran OPD Pemkab Pasurusan.

Bacaan Lainnya

Adapun 4 masjid yang diresmikan hari ini adalah (1) Masjid Al Hamid yang dibangun di Rest Area KM 792 A, (2) Masjid An nur di Rest Area 792 B, (3) Masjid Mukmin di Rest Area 66B, dan terakhir adalah Masjid Arrahman yang dibangun di Rest Area 66A.

Usai peresmian, Sekda Adhy menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas peresmian 4 masjid di rest area tol Pasuruan-Malang menjelang libur natal 2023 dan tahun baru 2024.

Menurutnya, peresmian ini menjadi momentum dalam mempermudah pemudik dalam mensinergikan fisik dan spiritualitas.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas diresmikannya 4 masjid di rest area Pasuruan Pandaan oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin,” kata Sekda Adhy.

“Kami berharap dengan diresmikannya Masjid di rest area ini dapat menjadi pengingat bagi para pemudik selama natal dan tahun baru ini untuk terus meningkatkan ibadahnya. Sehingga masjid-masjid ini bisa bermanfaat dalam menghilangkan rasa lelah dalam perjalanan sekaligus menjadi tempat untuk beribadah,” tambahnya.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan, desain bangunan dari masjid yang diresmikan oleh Wapres Ma’ruf terbilang sangat unik. Salah satunya adalah Masjid Arrahman. Dengan model Masjid berbentuk trapesium, diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik.

Perlu diketahui, selain berbentuk trapesium, Masjid Arrahman juga memiliki dinding yang hampir semuanya berupa kaca sehingga cahaya matahari masuk sangat banyak.

Di dalam masjid juga terlihat lapang karena di dalam ruangan tidak ada tiang penyangga sama sekali. Selain itu, konsep bangunan masjid ini sendiri yang membuat ruang masjid terasa lebih lapang.

“Masjid Ar-Rahman ini memiliki desain unik. Dari depan terlihat masjid berbentuk trapesium. Dinding masjid terlihat berlapis tiga di satu sisi dan sisi yang lain berlapis dua. Ini bisa menjadi obyek wisata religius,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres Ma’ruf berharap, agar masjid yang diresmikan hari ini selain menjadi tempat beristirahat bagi para pemudik jelang Nataru, juga dapat menjadi tempat dalam memperdalam ilmu agama.

“Sore hari ini saya resmikan 4 masjid, kalau nataru banyak orang mudik. Banyak orang lupa ibadah, saya ingatkan untuk berjalan sewajarnya, jangan lupa sholat dulu, jangan lupa karena sekarang sudah ada masjid di sini,” kata Wapres Ma’ruf.

“Saya berharap ini tentu menjadi amal shaleh. Kita ingin masjid ini dapat memberikan pelajaran agama baik langsung ataupun melalui rekaman-rekaman sehingga orang yang solat bisa mendengar itu,” katanya. (Pulung Chausar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan