Selama 2 Pekan Harga Ikan di Pidie Jaya Melambung

  • Whatsapp

PIDIE JAYA, IN.ID | Pantauan media harga ikan di pasar Kemukiman Gampong Lhang Meureudu sangat melambung, kalau dibandingkan dengan harga pada bulan lalu.
Sementara pembeli tetap memilih berbagai jenis ikan yang di pusat pasar Kemukiman Gampong Lhang, Kabupaten Pidie Jaya. Dampak dari minimnya pasokan ikan dari para nelayan lokal dalam dua pekan terakhir di Pidie Jaya menyebabkan harga berbagai jenis ikan melambung tinggi, Selasa 26/4/2022.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pidie Jaya, Ir H Bentara mengatakan, kepada awak media saat turun ketempat penjualan ikan di Pasar.

Bacaan Lainnya

“Dampak dari minimnya pasokan ikan selama dua pekan terakhir, terutama selama bulan Suci Ramadhan menyebabkan harga ikan untuk berbagai jenis menjadi melambung,” ujarnya Ir H Bentara.

“Seperti halnya harga ikan jenis tongkol sebelumnya sempat bertahan Rp 30.000/Kg kini menjadi Rp 35.000/Kg,” jelasnya.

“Selain itu juga harga ikan jenis Gembung dari harga Rp 35.000/Kg justru kini menjadi Rp 40.000/Kg. Demikian juga halnya dengan harga ikan dencis dari Rp 30.000/Kg menjadi Rp 35.000. Malahan juga harga ikan teri kering dari Rp 60.000/Kg, malah kini menjadi Rp 80.000/Kg,” terangnya Ir H Bentara lagi.

Diakui selama musim timur dalam dua pekan terakhir hasil tangkapan nelayan menurun secara drastis. Biasanya, rata-rata hasil tangkapan 5 sampai 8 tong fiber.

“Namun dikarenakan pengeruh cuaca angin kencang, memberi andil sulitnya dalam perolehan hasil tangkapan menurun. Umumnya para nelayan untuk jenis boat ukuran 20 Gross Stone (GT) memperoleh hasil sampai tiga tong fiber saja,” pungkasnya. (Aldi/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.