Tim Satwa K-9 Pomdam III/Slw Bantu Pencarian Korban Gempa Cianjur

  • Whatsapp

CIANJUR, IN.ID | Dampak gempa bumi yang melanda Cianjur meruntuhkan ribuan rumah dan longsoran tanah yang mengakibatkan ratusan warga meningal tertimpa reruntuhan puing-puing bangunan juga longsoran tanah, seperti halnya yang terjadi di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, dan menurut catatan BNPB sampai saat ini masih tersisa puluhan korban yang masih tertimbun.

Menyikapi hal tersebut, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melalui Danpomdam III/Slw Kolonel Cpm Sigit Himawan Sutanto terjunkan 15 personelnya dilengkapi dengan 2 ekor anjing K-9 Pomdam III/Slw yang dipimpin Kapten Cpm Andri Prastio Ps. Wadandenpom III/Bogor guna membantu kegiatan evakuasi dan pencarian warga yang tertimbun di Lokasi Kp. Cicadas Ds. Cikedil Kec. Cugenang Kab. Cianjur.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Sabtu (26/11/2022).

Lanjut dikatakan Kapendam, dalam pelaksanaannya Tim dari Pomdam III/Slw bergabung dengan Basarnas dan TNI-Polri serta para Relawan melakukan penyisiran di sekitaran longsoran tanah yang berlokasi di Desa Cijedil Kec. Cugenang Kab. Cianjur.

Tidak lama setelah dilakukan penyisiran tim Satwa K-9 Pomdam III/Slw dengan pawang Prada Rino dan Prada Nanda berhasil menemukan titik yang terindikasi adanya korban tertimbun tanah longsor, setelah ditindaklanjuti berhasil ditemukan jenazah. Pencarianpun dilanjutkan dan membuahkan hasil dengan menemukan sejumlah jenazah yang tertimbun.

Sementara itu di tempat terpisah, kapten Cpm Andri Prastio Ps saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, bahwa tim Satwa K-9 Pomdam III/Slw telah terlibat membantu tim Basarnas untuk melakukan pencarian korban yang masih tertimbun tanah.

“Berkat kerja sama yang baik dengan tim Basarnas, TNI-Polri dan Relawan dalam pencarian korban yang masih tertimbun pasca gempa Cianjur dan berkat dukungan K-9 Pomdam III/Slw, Alhamdulillah kami berhasil menemukan 3 mayat yang terdiri dari 1 Jenazah laki-laki Dewasa, 1 Jenazah anak perempuan dan 1 Jenazah anak Laki-laki yang identitasnya masih dalam proses identifikasi,” ujar Kapten Cpm Andri Prastio Ps.

Menurut Kapten Cpm Andri Prastio Ps, pada sore harinya tim gabungan kembali berhasil menemukan 3 Jenazah lagi dan di lokasi lain juga berhasil menemukan 2 Jenazah, sehingga berdasarkan data BNBP total hari ini ditemukan 8 Jenazah dan menurut informasi dari pihak BNPB masih ada 14 orang dalam pencarian. (Pendam III/Siliwangi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan