DPM FISH UNESA Menggelar Seminar Bincang Politik

  • Whatsapp

SURABAYA, IN.ID | Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (DPM FISH UNESA) menyelenggarakan acara Seminar Bincang Politik di Auditorium Gedung i8 FISH UNESA. Acara tersebut mengusung tema “Pentingnya Penyaluran Hak Politik oleh Generasi Muda di dalam Pemilihan Umum Serentak tahun 2024” pada Jumat (28/5),

Dalam pelaksanaannya, DPM FISH UNESA mengundang Ketua DPRD Kota Surabaya Bapak Adi Sutarwijono dan Ketua KPU Jawa Timur Bapak Choirul Anam serta dipandu oleh M. Rizqi Senja Virawan selaku moderator. Panitia kegiatan mengharapkan, para peserta seminar dapat mengetahui betapa pentingnya penyaluran hak politik mereka demi menyongsong Indonesia yang lebih maju setelah pemilihan umum pada tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Selain menyosialisasikan pentingnya penyaluran hak politik, para pemateri juga memaparkan bagaimana kiat-kiat untuk mengisi era pasca-Reformasi ini bagi generasi muda. Generasi muda perlu mensyukuri kebebasan di era ini dengan mengembangkan potensi diri dan mengisi ruang-ruang politik dengan ide-ide segar.

“Sangat perlu bagi kita untuk mensyukuri zaman pasca-Reformasi ini, kita bebas mengembangkan diri, sekarang kalau mau jadi ‘orang’, ndak harus dari militer, Mas, contohnya Pak Adi yang dulunya wartawan, sekarang jadi Ketua DPRD, saya dari jurusan Bahasa Jepang, eh jadi Ketua KPU. Kembangkan apa yang kita punya, mari bersyukur dengan era pasca-Reformasi ini,” ujar Ketua KPU Jawa Timur Bapak Choirul Anam saat menyampaikan materinya.

Ketua Pelaksana Seminar, Jauzaa Hayaah Kusnandar, menuturkan bahwa panitia yang dipimpinnya ini sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari penyosialisasi kehidupan demokrasi di Indonesia, khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya.

“Kami sangat bersyukur, di era pasca-Reformasi ini, kami dapat menyosialisasikan pentingnya penyaluran hak politik bagi generasi muda, khususnya untuk mahasiswa UNESA. Kami pun sangat bangga menjadi bagian dari penyosialisasi kehidupan demokrasi di Indonesia dengan mengadakan seminar ini,” ujar Jauzaa Hayaah Kusnandar, Ketua Pelaksana Seminar Bincang Politik yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Masyarakat di DPM FISH UNESA ini.

Acara seminar berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Para peserta aktif bertanya dan berdiskusi dengan para pemateri. Sehingga, begitu terlihat antusiasme para peserta dalam menyikapi tema yang diusung dalam acara seminar ini, yakni penyaluran hak politik.

“Acara berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena diskusi mengalir dengan nyaman. Peserta antusias mengikuti diskusi dengan beberapa diantara mereka bertanya mengenai topik yang diusung dalam seminar. Melalui seminar ini diharapkan dapat menumbuhkan wawasan generasi muda mengenai kesadaran politik khususnya pemilu agar kedepannya generasi muda dapat membantu membangun perpolitikan Indonesia yang lebih demokratis,” tukas Jauzaa. (M. Rizqi Senja Virawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.