DPM FKIP Unija Gelar LKMM-TD di Lokasi Wisata Pantai Lombang

  • Whatsapp

SUMENEP, IN.ID | Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja kembali melaksanakan kegiatan Latihan Keterampilan manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan mengusung tema “Membangun Etos Kepemimpinan yang Berkompeten Demi Terwujudnya Pemimpin yang Profesional dalam Berorganisasi” bertempat di Lokasi Wisata Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Senin 31 Oktober 2022.

LKMM-TD tersebut diikuti oleh Mahasiswa FKIP semester tiga sebanyak delapan puluh satu peserta yang terdiri dari program studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Guru SD. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi dan dihadiri oleh Dekan dan Wakil dekan dua Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja. Kegiatan LKMM-TD berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 28 hingga 30 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya

Mengacu pada Panduan LKMM oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan manajerial.

Secara khusus tujuan tersebut di atas dapat di jabarkan sebagai berikut:
1. Mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
2. Mahasiswa memiliki tanggung jawab, jujur, sikap mandiri, kemampuan bekerjasama, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi. 3. Mahasiswa memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
4. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
5. Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.
6. Mahasiswa memiliki kompetensi yang utuh.

Ketua Pelaksana, Eva Alissa Nora Jamilah menyampaikan kegiatan LKMM-TD tersebut merupakan program kerja rutin yang bertujuan membentuk kader yang memiliki sikap ilmiah dan profesional yang tangguh berdedikasi serta bertanggung jawab. Begitu pula yang disampaikan oleh Ketua Dewan Legislatif Mahasiswa, Siti Afiyatun Nayyiroh dalam sambutannya juga menambahkan.

“Harapan saya melalui acara LKMM-TD ini, mahasiswa tidak hanya mampu menjadi pemimpin yang baik namun juga dapat memanajemen waktu dengan baik. Mahasiswa juga mampu untuk mengerti pada saat kondisi apa mereka mengambil keputusan A atau keputusan B. Sehingga pada suatu hari nanti, apabila mereka ingin menjalankan sebuah organisasi kallian sudah memiliki bekal dari dini untuk memanajemen diri dan memanajemen waktu, juga memiliki jiwa profesionalitas dalam berorganisasi, serta menjadi pribadi yang dapat mengetahui situasi ketika harus tegas, bijaksana, dan dapat diandalkan,” sambutnya.

Mahasiswa FKIP Unija yang memiliki latar belakang berbeda harus tetap menjaga persatuan serta saling merangkul dalam setiap kegiatannya. Output dari pelaksanakan kegiatan ini adalah dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dalam berorganisasi dan melatih diri dalam menajemen untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Untuk menjadi mahasiswa karena ilmu yang diperoleh tidak hanya dalam bentuk perkuliahan, namun keterampilan mahasiswa juga dapat diperoleh dari kegiatan organisasi. Keterampilan ini yang nantinya sangat berguna untuk mahasiswa yang telah lulus untuk mampu berkontribusi di masyarakat. Kemampuan inilah yang didapat dengan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemahasiswaan,” ungkap Ach Puniman M. Pd.I selaku dekan FKIP dalam sambutannya.

Berbeda dari LKMM-TD yang diadakan oleh fakkultas lain di Universitas Wiraraja, DPM FKIP memadukan kegiatan pendidikan pelatihan dan outbound di dalamnya, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam tema kegiatan tersebut selain mendapat wawasan yang luas peserta juga mendapat banyak pengalaman yang lebih, terutama meningkatkan relasi antar fakultas FKIP sendiri. Kegiatan tersebut diraikan dari beberapa materi yang menjadi acuan dan berdasarkan pedoman dan panduan. Adapun Materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut meliputi:
1. Perumusan Gagasan Awal dan Motivasi Berorganisasi: oleh Ach. Puniman M. Pd. I
2. Sejarah Organisasi Lingkup FKIP Unija: oleh Ahmad Junaidi, S. Pd
3. Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan: oleh Siddik Romadhan, M. Pd
4. Administrasi dan Pengembangan Program Kerja: oleh Lutfi Hamim, S. Pd. (Afy/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan