Tiongha Padang dan Proses Asimilasinya di Provinsi Sumbar

  • Whatsapp

PADANG, IN.ID | Orang Tionghoa bisa ditelusuri di seluruh Penjuru Nusantara. Persebaran mereka yang sangat luas tidak semata-mata membuatnya tetap menjadi etnis yang homogen dan totok.

Proses akulturasi yang terjadi selama beratus-ratus tahun melahirkan karakteristik unik dari orang Tionghoa di masing-masing daerah, contoh salah satunya di kota Padang, berawal sebagai pedagang, etnis Tionghoa secara perlahan mulai terintegrasi dengan kehidupan masyarakat Padang.

Bacaan Lainnya

Dahulunya kota Padang dikelilingi oleh daerah Padang Pariaman, pada tahun 1980an, adanya pemekaran daerah yang di luar, “Teluk Bayur” sampai Ulak Karang dan Simpang Hari itu disebut dengan luar kota Padang, oleh karena itulah ada istilah Padang kota dan Padang luar kota.

Keberadaan orang Tionghoa di Padang dapat ditelusuri dari abad ke-17 pada masa itu Padang dibawah administrasi “VOC” mulai berkembang pesat sebagai daerah perdagangan, aktivitas perdagangan yang ramai mengundang pendatang dari manca negara, baik dari bangsa Eropa, Arab, dan juga orang Tionghoa. (RG/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan