Masyarakat Tolak Pembongkaran Gerbang Selamat Datang

  • Whatsapp

SINGKAWANG, IN.ID | Rencana Pemerintah Daerah Singkawang Provinsi Kalimantan Barat, pembongkaran pintu gerbang ditolak keras oleh masyarakat serta LSM (Lembaga Swadaya Maauarakat, red).

Penolakan pembongkaran pintu gerbang karena pintu tersebut peninggalan Kabupaten Sambas dimana sebelum pemekaran Kabupaten Singkawang merupakan bagian dari Kabupaten Sambas.

Selain peninggalan, Pintu gerbang ‘Selamat Datang Di Kota Singkawang’ pintu gerbang bernilai sejarah serta nilai budaya, oleh karena itu masyarakat menolak pembongkaran tersebut.

Menurut Tokoh masyarakat Singkawang, Johari Poin mengatakan, langakah pemerintah daerah akan melakukan pembokaran pintu gerbang lama yang bernilai budaya karena telah dibangunnya pintu gerbang baru.

“Rencana itu, karena telah dibangunnya pintu gerbang baru yang berdekatan dengan pintu gerbang lama, hingga fasilitas yang dalam pintu gerbang baru seperti adanya TV Video Thronn, hingga pintu gerbng lama terkesan mengganggu”, tutur Johari pada awak media di sela sela kerja bakti bersama masyarakat saat mengecat pintu gerbang lama 29 Januari 2022.

Lebih dari itu Johari Poin menegaskan, adanya pintu gerbang lama merupakan simbul budaya, selain dari itu pintu gerbang lama merupakan pintu penghubung antara Kabupaten Sambas dengan Kabupaten Singkawang, selain itu juga sebagai tapal batas dua Kecamatan.

“Untuk itu dengan dalih nilai budaya maka apa alasannya pintu gerbang lama tidak boleh dibongkar apapun alasannya”, tambahnya.

Ditambahknnya, pemerintah daerah dibangunnya pintu gerbang baru tersebut pemerintah, tidak ada koordinasi dengan tokoh masyarakat sekitar pintu gerbang lama.

“Saya sangat menyayangkan dengan sikap pemerintah daerah tidak musyawarah dengan tokoh masyarakat terlebih dahulu, serta tidak tahu anggaran pembangunan tersebut diambil dari dana apa”, tanya Johari mengakhiri. (Anto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.