Musrenbang RKPD Bondowoso 2023 Dihadiri Dandim 0822

  • Whatsapp

BONDOWOSO, IN.ID | Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.(Hanla) mendampingi Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Bondowoso Tahun 2023 dengan tema pembangunan tahun 2023 “Peningkatan Kualitas SDM dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Mewujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kegiatan Musrenbang digelar di Pendopo Bupati Jl. Letnan Karsono Kelurahan Kotakulon Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Selasa (22/03/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam acara tersebut dihadiri Forkopimda, Kepala OPD dan Camat jajaran Pemkab. Bondowoso. Laporan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kab. Bondowoso TA. 2023, untuk rangkaian penyusunan RKPD Kab. Bondowoso telah melalui tahapan-tahapan antara lain:
– Tahap Desa dan Kecamatan dilaksanakan pada tgl 2 Januari s/d 24 Februari TA. 2002
– Tahap Pokok-pokok pemikiran DPRD dilaksanakan pada tgl 25 Januari s/d 25 Februari TA. 2022
– Tahap Forum lintas daerah dilaksanakan pada tanggal tgl 9 s/d 10 Maret TA. 2022
– Dengan menghasilkan usulan program dan kegiatan tahun 2023 sebanyak 2016 usulan dan menghasilkan usulan sebanyak 699 usulan selanjutnya usulan tersebut dibahas dalam Musrenbang tingkat Kabupaten sehingga didapat dibahas lebih lanjut ditingkat Provinsi Jawa Timur.

Sambutan Pemerintah Provinsi Jawa Timur diwakili Kepala Bakorwil V Prov. Jawa Timur, Bapak Imam Hidayat, S.Sos, MM menyampaikan, “Pelaksanaan Musrenbang RKPD daerah sesuai ketentuan pasal 263 ayat 4 UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah mengatakan bahwa merupakan daerah untuk jangka waktu 1 tahun lainnya seperti Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD) sebagai pedoman dalam penyusunan APBD.

Untuk fokus pembangunan daerah yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan selanjutnya adalah meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing
– Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan yang kuat
– Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar dalam meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta memperkuat stabilitas dan transformasi pelayanan publik pembangunan

Terjadi peningkatan dan pemerataan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung daya saing daerah menyambut era industri perdagangan dan jasa guna Bondowoso yang mampu tumbuh menjadi 3,4% untuk TA. 2021 dan semoga akan semakin meningkat untuk pertumbuhan ekonomi ini pada tahun 2023 yang mana untuk Prov. Jawa Timur menargetkan sebesar 3,45 sampai 5,5% dan kami harapkan juga mendukung ini dengan capaian target pertumbuhan sebesar 3,31 sampai dengan 4,94% untuk mendukung pencapaian tersebut persentase.

Dengan demikian upaya di dalam rangka pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai diseluruh wilayah Prov. Jawa Timur khususnya Kab. Bondowoso. (Yan’s/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.