Pasir Terhalus Dunia Semarakan Puncak FPMK 2021

  • Whatsapp

MALUKU TENGGARA, IN.ID | Pasir terhalus nomor satu di dunia terdapat di Desa (Ohoi) Ngilngof Kepulauan Kei Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, timur Indonesia. Ohoi Ngilngof sendiri merupakan salah satu Desa yang menjadi ikon dan pusat destinasi wisata terpopuler yang mendunia saat ini.

Betepatan dengan puncak peringatan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka melestarikan kembali nilai – nilai adat seni dan budaya serta tradisi masyarakat Kei yang berbasis kearifan lokal.

Bacaan Lainnya

Rute dan urutan kegiatan sebagaimana telah direncanakan antara lain Kamis, tanggal 21 Oktober 2021 Talkshow “Harmoni Pesona Meti Kei 2021 di Kantor Bupati Malra, Sabtu 23 Oktober 2021 Karnaval Budaya di Stadion Maren Maluku Tenggara, Minggu 24 Oktober 2021 Lomba Layangan Hias bertempat di Puntai Ngursarnadan, Senin 25 Oktober 2021

Futsal Extreme bertempat di Ohoidertawun, Selasa, 26 Oktober 2021 Lomba Dayung Sampan di Letman, Rabu 27 Oktober 2021

Hoping Island bertempat di Kawasan Pulau Sepuluh, Kamis 28 Oktober 2021 Wer Warat bertempat di Pulau Tarwa, Jumat 29 Oktober 2021 Puncak Acara FPMK 2021 & Tour The Moluccas bertempat di Pantai Ngurbloat.

Acara puncak FPMK kali ini turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiago Unno, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Wakil Gubernur Papua Barat, Ibu Kapolda Maluku, Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara, Para ahu VIP dalam dan luar daerah serta ribuan masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara.

FPMK kali ini mengusung tema : “Wujudkan Maluku Tenggara sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan MENUJU MALUKU TENGGARA HEBAT.”

Kegiatan puncak FPMK diawali dengan penjemputan Menteri Parekraf bersama Wakil Gubernur Maluku serta para tamu VIP di Bandara Karel Satsuitubun Langgur Kamis,  28/10/2021.

Kemudian dilanjutkan menghadiri acara puncak yang bertepatan pula dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2021 di Wisata Pantai Pasir Panjang (Ngurbloat).

Pantauan media ini, sekitar pukul 17:00 WIT,  Mentri Parekraf didampingi Bupati Maluku Tenggara bersama Wakil Gubernur Maluku tiba di Ohoi Ngilngof kemudian menaiki mobil dan diarak-arakan meninjau lapangan Basket Ball Ngilngof.

Dalam kesempatan itu sandiago menantang para pemain dan Bupati untuk bersama – sama bermain Basket Ball. Mentri berjanji jika para petarung berhasil mengalahkan dirinya maka ia akan memberikan hadiah berupa pakaian olahraga.

Kemudian, Sandiago berjalan kaki menuju Pantai Pasir Panjang Ohoi Ngilngof sembari mengikuti beberapa tarian tradisional dari anak – anak dan remaja setempat.

Jenis tari tarian yang dipersembahkan mengisi puncak acara FPMK antara lain musik angklung, ukulele dan permainan tradisional lompat tali.

Disamping itu, Mentri Parekraf turut diminta menyentuh memegang (merasakan) kelembutan dan saking halusnya pasir nomor satu di dunia ini.

“Seperti tepung, pasirnya. Ini sangat luar biasa sekali. Halus sekali pasirnya,” ungkap Unno serasa tak percaya akan pasir yang sehalus bagaikan tepung ini.

Selanjutnya, rombongan Mentri dan tamu VIP menikmati beragam persembahan tarian  Rubil dan temar serta tari ular (rubah) khas suku kei yang unik dan menarik.

Acara puncak FPMK sore hingga malam ini di tutup dengan penyerahan sejumlah bantuan dan penghargaan bagi pengelola Wisata Pantai Ngorbloat dan Panitia.

Hal ini semata – mata bertujuan guna terus mendorong  serta mempromosikan berbagai keunggulan, ciri chas dan paronama alam wisata di Kepulauan Kei yang sebagai aset daerah di Wilayah yang bertajuk Larvul Ngabal itu. Tentunya dengan dikenalnya Pasir terhalus nomor satu di dunia ini maka Wisata Ngurbload makin dikenal secara meluas di seluruh belahan dunia dan dikategorikan sebagai “Surga Tersembunyi.” di Kepulauan Provinsi Maluku. FPMK ini turut didukung oleh Exzotickei, Visit Kei dan BPPD Maluku Tenggara.

Daniel Mituduan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.