Posbakumadin Sumenep Hadir Beri Bantuan Hukum Gratis

  • Whatsapp
Independentnews.id
Jajaran Posbakum Adin Sumenep Melakukan Foto bersama dengan Jajaran PN Sumenep, saat melakukan penandatanganan MoU Bantuan Hukum Gratis di PN Sumenep.

SUMENEP, IN.ID | Kehadiran Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) di Sumenep, guna untuk memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat Sumenep yang miskin/tidak mampu, Sabtu 08/01/2022.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama tentang Bantuan Hukum antara Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia Sumenep (Posbakumadin) Sumenep dengan Pengadilan Negeri (PN) kelas II Sumenep, yang digelar di Kantor Pengadilan Negeri Sumenep, Selasa 04/01/2022.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan penandatanganan MoU tersebut dihadiri oleh, Ketua PN Sumenep, Para Hakim Panitera PN Sumenep serta jajaran Sekretaris PN Sumenep, tentu tidak luput juga jajaran dari Ketua dan Para Advokad Posbakum Adin Sumenep, Para Legal Posbakum Adin Sumenep.

Ketua Posbakumadin Sumenep, Agus Suprayitno, SH, (Advokat) menjelaskan bahwa Penandatanganan MoU itu adalah suatu bentuk untuk melaksanakan Perintah hukum, yakni UU Nomer 16 Tuhan 2011 tentang Bantuan Hukum , UU Nomer 18 Tahun 2003 Tentang Advokat serta UU No 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman khusunya Pada Pasal 57 ayat 1. Kehadiran/pembentukan Posbakum Adin di Sumenep ini bertujuan untuk memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu/miskin.

“Tujuan penandatanganan tersebut adalah merupakan bentuk dan wujud kepedulian kami dan pengabdian kami Para Advokat Posbakum Adin Sumenep sebagai Officium Nobile (Profesi Yang mulia) dan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan marginal di Indonesia umumnya dan di Kabupaten Sumenep khususnya dengan Cuma Cuma dan gratis,” ujar Agus Suprayitno, SH, kepada media, Sabtu 08/01/2022.

Independentnews.id
Agus Suprayitno, SH, (Advokat), Ketum Posbakumadin Sumenep Melakukan MoU Bantuan Hukum dengan Pengadilan Negeri Sumenep.

Ketua Posbakumadin Sumenep menambahkan, dengan situasi Pandemi yang melanda masyarakat khususnya di Sumenep, dimana ekonomi sulit dan sementara Pencari keadilan di Sumenep cukup banyak dan mereka tergolong masyarakat tidak mampu /Miskin, maka kehadiran POSBAKUM ADIN SUMENEP bisa memberikan solusi yang tepat kepada masyarakat Sumenep yang membutuhkan pendampingan baik Litigasi maupun Non Litigasi dengan Cuma-cuma tanpa bayar/gratis.

“Bila ada masyarakat kurang mampu/miskin yang membutuhkan pendampingan hukum secara gratis, silahkan untuk datang langsung Kantor Posbakum Adin Sumenep, yang berlokasi di jalan raya Kalianget/ jalan Sangin RT.07/RW.03 Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep atau di ruang POSBAKUM ADIN di Pengadilan Negeri Kelas II Sumenep,” ucap Agus.

POSBAKUM ADIN adalah sebuah organisasi bantuan Hukum yang dibentuk di Jakarta sejak 17 Maret 2011 dengan kantor Pusat di Grogol Petamburan Jakarta Barat, dengan Pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia nomer AHU . 5026 AH. 01. 04 Tahun 2011.

Dan berkembang Posbakum Adin Sumenep dibentuk sejak Tahun 2016, yang lolos verifikasi dan Akreditasi dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi manusia Republik Indonesia Periode tahun 2016 s/d 2018, juga Periode 2019 s/d 2021. Kini Verifikasi dan Akreditasi kembali diloloskan dari Kementrian Hukum dan Ham RI dengan SK Nomer : M.HH.02 HN.03.03 Tahun 2021, tanggal 29 Desember 2021 pada Periode 2022 2024. (Fandi/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.