SMK Pelayaran Pancasila Gelar Wisuda Perwira Ahli Nautika dan Teknika 2021

  • Whatsapp

SURAKARTA, IN.ID | Sebanyak 28 wisudawan Perwira Ahli Nautika dan Perwira Teknika yang di selenggarakan oleh SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Tahun 2021. Wisuda yang dilaksnakan pada hari Selasa tanggal 21 Desember 2021 bertempat di Hotel Adhiwangsa Jl. Adisucipto No. 126 Jajar Surakarta. Tepat pukul 09.00 Para Wisudawan yang didamping kedua orang tua memasuki aula, sedangkan para wisudawan masih ada di pelataran hotel dengan berjajar rapi berseragam putih sebagai kebanggaannya menunggu komando untuk memasuki aula, dalam prosesi perjalanan menuju pintu masuk aula para juniornya dengan mengangkat pedang ke atas sebagai tanda penghormatan kepada seniornya sekaligus ucapan selamat dalam menempuh pendidikan sebagai seorang perwira remaja.

Dalam kesempatan tersebut nampak hadir ketua Yayasan Pendidikan Pancasila Pembaruan Kartasura Bapak Joko Tri Haryanto, ST., MT, Kepala Sekolah Bapak Bambang Sugito, SE., M.Pd. ketua pelaksana acara wisuda Sugiyarni, S.Pd berada di atas panggung kehormatan, sedangkan para guru dan staf SMK Pelayaran Pancasila Kartasura duduk di sebelah para tamu undangan.

Bacaan Lainnya

“Marilah kita panjatkan rasa puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat kepada kita sehingga pada hari ini dapat melaksanakan acara dengan penuh kemeriahan, penuh rasa kebersamaan yang kuat, dan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam yang kita sembah”, kata Arny panggilan akrab dalam sambutan sebagai ketua pelaksana.

Lebih lanjut, Arny mengatakan pada kesempatan yang istimewa ini, perkenankan saya atas nama Panitia Wisuda Perwira Ahli Nautika Tingkat-IV dan Ahli Teknika Tingkat-IV SMK Pelayaran Pancasila Kartasura tahun 2021 untuk mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada tim dan semua pihak yang membantu kegiatan acara ini berlangsung. Kepada para orang tua wisudawan terima kasih atas semua pengorbanan yang telah dilakukan selama ini untuk mewujudkan pendidikan yang layak bagi putra dan putrinya.

Setelah melalui rangkaian panjang yang dilalui para Wisudawan dari saat pendaftaran, seleksi yang meliputi (Tes Administrasi, Tes Akademik, Tes Kesamaptaan, Tes Wawancara, Tes Psykologi bakat dan minat, Tes kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang meliputi antara lalin (THT, Mata, dan Postur), MOS/PLS, Diksartar dan Long Mach, kegiatan KBM selama 6 semester dan UNBK, Simulator, Ujian Keahlian Pelaut Pra-Prala, Prala diatas kapal selama 1 tahun penuh, Ujian Training Record Book (TRB) , Ujian Pasca-Prala dan Konprehensif, Pemberkasan COC ANT-IV dan COC ATT-IV, dan diakhiri dengan diberikan ijazah/COC Ahli Nautika-IV dan Ahli Teknika-IV beserta Endos-nya.

“Sebagai kepala sekolah, Saya mengucapkan selamat para wisudawan dan saya ingatkan hadapilah tantangan dengan kemampuan dan keterampilan yang selalu terasah dan ditingkatkan dari waktu kewaktu. Smoga kebangaan menjadi Perwira Remaja Pelayaran ANT-IV dan ATT-IV membawa wisudawan menjadi hamba-Nya sarat dengan maslahat, negara, bangsa, agama, dan keluarga menanti dharma baktimu. Jales Veva Jaya Mahe (justru di laut kita jaya),” tandas Bambang Sugito, SE., M.Pd dalam sambutan di hadapan perwira, orang tua dan tamu undangan di balai hall Hotel Adhiwangsa.

Joko Tri Haryanto, ST, MT selaku ketua yayasan berpesan jadilah manusia yang memiliki sumber daya yang berkualitas, taruna taruni sekarang dalam industri pelayaran sangat terbuka lebar dalam lapangan kerja sekarang dituntut terampil dan mempunyai komptensi yang lebih sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada di industri pelayaran dan selamat berkarya. (Adrena/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.