Dishub Launching Angkutan Pariwisata Sampit Ujung Pandaran

  • Whatsapp

KOTIM, IN.ID | Guna mendukung Kotim sebagai tujuan destinasi wisata, Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur membuat terobosan baru dengan melaunching Angkutan Pariwisata dengan rute Sampit Ujung Pandaran, Minggu (9/01/2022).

Peluncuran perdana yang digelar di Terminal Bus Patih Rumbih Sampit ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur Johny Tangkere S.H., MSM yang didampingi oleh Sekretaris Dishub Kotim H.Masran.

Bacaan Lainnya

Saat ini hanya satu angkutan pariwisata yang dipersiapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melayani rute dari Kota Sampit menuju ke kawasan obyek wisata andalan Kotim yaitu Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kotim.

“Angkutan jenis Hiace Mini Bus berpendingin udara (AC) ini berkapasitas 15 penumpang, dengan tarif Rp.40.000 pergi pulang (PP), mulai Minggu depan ini akan melayani keberangkatan setiap hari Sabtu dan Minggu”, jelas Johny kepada awak media.

“Petugas kami akan standby di Terminal Bus Patih Rumbih sampai pukul 08.00 Wib, untuk mendapatkan tiket masyarakat umum dapat langsung ke Terminal karena kami tidak menerima ‘booking’ tempat, namun kami memberikan pengecualian kepada para pelajar dan anak panti asuhan yang masih dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu”, tambahnya.

Para penumpang akan diturunkan di titik 0 Jalan H.M Arsyad Ujung Pandaran – Kuala Pembuang, angkutan wisata ini akan menunggu penumpang sampai pukul 15.30 Wib untuk kembali ke Kota Sampit.

“Angkutan Pariwisata ini adalah sebagai perintis saja, kami mencoba membangun sektor swasta untuk berinvestasi di bidang ini, mungkin nantinya dengan tarif yang sesuai dengan tarif normal yaitu sekitar Rp.95.000 (PP), sementara ini hanya dikenakan tarif Rp.40.000 yang hanya kami gunakan untuk operasional membeli BBM dan jasa supir”, tutur Johny.

Ia berharap di titik 0 tempat penurunan penumpang angkutan wisata ini nantinya akan mampu menjadi salah satu pembangkit ekonomi bagi warga masyarakat Desa Ujung Pandaran.

“Misalnya jasa ojek lokal dan mobil pribadi yang mau mengangkut pengunjung ke lokasi lokasi wisata yang dapat dikunjungi di Pantai Ujung Pandaran, kami berupaya membantu memajukan destinasi wisata Pantai Ujung Pandaran, kami juga berharap ada pihak swasta yang melirik, terminal sudah kami siapkan, kedepan kami berharap angkutan pariwisata ini akan berjalan lebih baik lagi dan akan dievaluasi apakah nantinya akan diganti dengan bus yang berkapasitas lebih besar”, tandas Johny.

Salah satu penumpang Satya Widayati, SPd., MM yang juga merupakan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Baamang Tengah Kotim ini sangat mengapresiasi peluncuran angkutan pariwisata yang melayani perjalanan ke destinasi wisata Pantai Ujung Pandaran ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Perhubungan Kotim karena sudah memberikan fasilitas kepada warga masyarakat Kotim, kami pada hari ini dapat menikmati layanan angkutan pariwisata bersama rombongan guru SD Negeri 2 Baamang Tengah, pengurus Komite Sekolah beserta Pengawas/Pembina sekolah”, ucapnya.

“Semoga armada angkutan pariwisata ini bisa ditambah lagi jumlahnya agar masyarakat banyak dapat menikmati angkutan pariwisata yang sangat terjangkau ini”, pungkas Satya. (Tomi S/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.