DPD KAKI Tekankan ASN Mudik Tidak Bawa Mobil Dinas

  • Whatsapp

BANGKALAN, IN.ID | Pemerintah Republik Indonesia mengizinkan masyarakat termasuk ASN untuk melakukan mudik lebaran tahun 2022. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatur ketentuan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hendak melaksanakan mudik Lebaran 2022.

Mobil dinas dilarang digunakan untuk mudik. Salah satu aturannya, melarang ASN menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran tahun 2022. Mobil dinas juga dilarang digunakan untuk kepentingan pribadi termasuk untuk mudik dan berlibur, ataupun kepentingan lainnya di luar kepentingan dinas.

Bacaan Lainnya

Hal itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2022 tentang cuti pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama periode hari libur nasional dan cuti bersama pada Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Moh Hosen Aktivis Komite Anti Korupsi Indonsia (KAKI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Bangkalan menekankan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangkalan untuk mematuhi amanah Pemerintah Pusat. Bahwa ASN di Pemerintahan Kabupaten Bangkalan tidak boleh bawa mobil dinas di kala mudik lebaran.

“Kebanyakan pegawai di Kabupaten Bangkalan bukan asli orang Bangkalan, melainkan orang pendatang karena tugas negara. Kami harap Pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) mematuhi peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 13 Tahun 2022,” ungkap pria yang biasa disapa Hosen Panglima, Sabtu (23/04/22) malam.

Hosen berharap mobil dinas, tidak hanya plat merah, ada juga plat hitam dari hasil sewa harus dikembalikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing dan berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk keamanannya.

“Dan jika mobil dinas (Mobdin) tidak ada di kantor masing-masing akan kami tindaklanjuti ke Menpan, agar dinas tersebut diberikan sanksi karena telah melanggar aturan negara sesuai undang-undang yang berlaku,” tegas Hosen. (SA/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *