PT KAI Luncurkan KAIPay, Konsumen Respon Positif

  • Whatsapp

JAKARTA, IN.ID | PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melalui rilis media di Jakarta, Sabtu (20/11/2021).

Bacaan Lainnya

KAIPay dihadirkan melihat semakin meningkatnya kebutuhan ekosistem transportasi kereta api atas berbagai layanan secara digital yang dapat mendukung para pelanggan dalam beraktivitas.

“KAIPay adalah layanan uang elektronik yang disematkan pada aplikasi KAI Access milik KAI. Melalui KAIPay, transaksi pembayaran akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran,” tukas Didiek sapaan akrabnya.

Katanya, KAIPay memberikan kemudahan transaksi karena tidak hanya dapat digunakan untuk membayar tiket kereta api. KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, dan berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

“Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja,” kata pria berkacamata ini

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp, apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS. Terakhir, pelanggan diarahkan membuat PIN KAIPay untuk keamanan transaksi. KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi.

“Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer Virtual Account di beberapa Bank dan melalui minimarket, dengan biaya administrasi Rp0 selama masa promo berlangsung,” jelasnya.

KAIPay sendiri adalah kerjasama cobranding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Sementara itu, PT Pulau Pulau Media adalah mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan melakukan pengembangan aplikasi KAI Access termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi digital pada KAI Access.

“Untuk informasi lebih lanjut terkait KAIPay, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121,” jabarnya.

Didiek mengatakan, peluncuran KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access. KAIPay akan terus dikembangkan kedepannya seperti dapat melakukan transfer antar sesama KAIPay hingga pembayaran di merchant yang mendukung QRIS.

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tutup Didiek.

Respon Masyarakat Positif

Peluncuran KAIPay mendapat respon dan pujian positif dari masyarakat, dimana dengan adanya layanan virtual ini akan mempermudah layanan. Baik layanan pemesanan, pembatalan dan perencanaan jadwal pembelian tiket kereta

Syafrudin Budiman SIP, Konsultan Media yang hadir saat Peluncuran KAIPay di Stasiun Gambir, Kamis (18/11/2021) memberikan apresiasi atas adanya digitalisasi pembayaran kereta api. Gus Din sapaan akrabnya, mengaku tertarik untuk mendownload aplikasi KAIPay di Play Store dan menjadi pengguna layanan virtual ini

“Alhamdulillah saya tertarik untuk menggunakan KAIPay karena adanya kemudahan bertransaksi. Hari ini PT KAI sudah lebih maju dalam teknologi untuk peningkatan kualitas pelayanan konsumen,” terang Syafrudin Budiman SIP yang menghadiri undangan peluncuran KAYPay ini.

Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia ini mengaku senang dengan menggunakan KAIPay. Katanya, dirinya bisa menabung uang transportasi kapan saja dan nantinya bisa dipakai kapan saja mau berangkat.

“Saya mengajak para pelanggan lainnya, khususnya Pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang menggunakan KAIPay. Kereta api adalah transportasi semua kalangan, dan kita merencanakan jadwal bisnis kapan saja di KAIPay ini. Selamat KAI tambah maju di era digital,” pungkas pria asal Sumenep Jawa Timur ini, usai berbincang dan berfoto bersama Didiek Hartantyo Direktur Utama PT KAI. (Rud/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan