Video : Menpora Sambut Kedatangan Atlet Pahlawan dari Olimpiade Tokyo 2020

  • Whatsapp

JAKARTA, IN.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyambut kloter terakhir tim Indonesia yang baru pulang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, Rabu (4/8/2021) malam. Dia berterima kasih kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Di rombongan terakhir tersebut ada peraih medali emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih medali perunggu Anthony Sinisuka Ginting, dan Rahmat Erwin Abdullah. Ada juga Lalu Muhammad Zohri, Nurul Akmal, Praveen Jordan, Alvin Tehupeiory, dan Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba.

Bacaan Lainnya

Rombongan tersebut mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 23.45 WIB.

“Saya atas nama pemerintah dan Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen Indonesia di kloter terakhir,” kata Zainudin saat penyambutan tersebut.

“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas perjuangan kontingen Indonesia, baik atlet, pelatih, dan tenaga pendukung yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.”

Para atlet pahlawan Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 rencananya juga akan diterima oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Menpora, pelaksanaannya akan diinformasikan lagi, setelah para pemain menjalani karantina.

Chef de Mission Indonesia Roslan Roeslani, yang menemani rombongan kloter terakhir, mengungkapkan suka duka para atlet, pelatih, dan ofisial menjalani Olimpiade Tokyo 2020 di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, perjuangan mereka tidak mudah karena diiringi protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun, kondisi tersebut tidak melunturkan semangat mereka.

Setelah turun dari pesawat, para atlet, pelatih, dan ofisial mendapat bunga selamat datang. Yang mendapat perhatian besar pada malam itu tentu saja peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sementara itu Ketua PBSI, Firman Agung Sampurna menegaskan PBSI di bawah kepemimpinannya tidak bisa lama-lama beristirahat dan harus segera mengalihkan fokus ke turnamen berikutnya yang tak kalah prestisius. Perebutan Piala Sudirman berlanjut Piala Thomas dan Uber.

“Tidak tertahan rasa bangga yang membuncah dalam hati ini, tadi saya sudah bertemu dengan mereka (para peraih medali cabang bulutangkis) secara personal dan rasa bahagia atas kemenangan itu masih sangat terasa sekarang,” ungkap Agung.

“Meskipun demikian saya katakan bahwa kita cuma punya waktu yang sebentar untuk beristirahat karena khusus olahraga bulutangkis kita harus mempersiapkan diri untuk turnamen internasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Yaitu Piala Sudirman dan Piala Thomas-Uber. Kita punya ambisi besar untuk mendapatkannya,” tegasnya.

“Saya menyampaikan kepada teman-teman yang belum beruntung di Olimpiade, turnamen selanjutnya adalah saatnya untuk revans. Jadi mari kita persiapkan sebaik-baiknya, kita evaluasi sebaik-baiknya. Semoga lambang supremasi bulutangkis itu bisa kembali tahun ini,” imbuh Agung.

Piala Sudirman 2021 rencananya akan dihelat di Vantaa, Finlandia pada 23 September hingga 3 Oktober. Sepekan berselang, Thomas-Uber yang sudah tertunda satu tahun akan bergulir di Aarhus, Denmark. Tepatnya tanggal 9-17 Oktober 2021. (Reporter Yus Mei Dikutip dari BOLA.COM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.